Jumat, 07 Oktober 2016

Wow! Wanita Cantik ini Ternyata Pilot Pesawat Tempur!

Menjadi pilot identik dengan kaum pria, meski ada beberapa pilot wanita. Apalagi jika pesawat yang diterbangkan adalah pesawat tempur, tentu kebanyakan adalah para kaum pria. Mengingat pertempuran itu membahayakan, jadi tak banyak wanita yang dapat menjadi pilot pesawat tempur.

Namun, beberapa wanita dari berbagai belahan dunia ini membuktikan bahwa wanita bisa menerbangkan pesawat tempur. Meski identik dengan tugas pria, tapi para wanita ini tetap terlihat cantik dan anggun. Penasaran?

Inilah wanita cantik yang menjadi pilot pesawat tempur:
  1. Letnan Dua Line Bonde, Denmark

    Line Bonde adalah pilot pesawat tempur pertama dari Denmark, ia berasal dari kota Jutland di Billund sebelah utara. Awalnya, Line Bonde dilatih dengan pesawat F-16B, merupakan pesawat jet tempur F-16 yang dikenal akan kehandalannya.
    Letnan Dua Line Bonde / Gambar via f-26.net
    Di tahun 2005, ia lulus dari program training gabungan Euro-NATO di Markas Angkatan Udara Sheppard di Texas, Amerika Serikat. Kemudian ia kembali ke tempatnya bertugas di markas Angkatan Udara Skrydstrup di Jutland yang pada akhirnya ditempatkan di skuadron profesional.
  2. Letnan Dua Katarzyna Tomiak, Polandia

    Katarzyna Tomiak, merupakan wanita pertama asal Polandia yang dipercayakan untuk menerbangkan pesawat tempur jenis MiG-29 sejak tahun 2012. Dalam kesehariannya, ia bertugas di markas militer Polandia yang berada di Malbork dan merupakan lulusan dari Akademi Angkatan Udara Polandia di Deblin.
    Letnan Dua Katarzyna Tomiak / Gambar via portel.pl
    Sikapnya yang ambisius, disiplin, kolegial, serta rajin melaksanakan tugas membuatnya menjadi sosok yang baik di mata rekan-rekan dan atasannya. Selain itu, ia juga selalu mempertahankan sikap sempurna.
  3. Mayor Mariam al-Mansouri, Uni Emirat Arab (UEA)

    Seperti pilot wanita sebelumnya, Mariam al-Mansouri yang lahir pada tahun 1979 di Abu Dhabi ini juga merupakan pilot pesawat tempur pertama dari Uni Emirat Arab. Ia juga wanita pertama yang berhasil masuk ke akademi Angkatan Udara Uni Emirat Arab setelah kaum wanita diizinkan bergabung.
    Mayor Mariam al-Mansouri / Gambar via alchetron.com
    Wanita lulusan tahun 2007 ini menyatakan bahwa cita-citanya menjadi pilot telah ada sejak ia menduduki bangku SMA. Sebelum masuk di akademi, Mariam kuliah dulu hingga mendapat gelar sastra Inggris di Universitas Uni Emirat Arab. Suatu kehormatan baginya yang dapat menerbangkan F-16 Fighting Falcon.
  4. Kapten Jammie Jamieson, Amerika Serikat

    Kapten Jammie Jamieson / Gambar via flickr.com
    Kapten Jammie adalah lulusan dari Akademi Angkatan Udara tahun 1992. Wanita kelahiran Tacoma dan tinggal di Prosser tahun 1982 ini sempat tampil menerbangkan pesawat F-22A saat digelar McChord Air Expo tahun 2008. Sekarang, ia ditempatkan di Markas Angkatan Udara Elmendorf, Alaska, sebagai komandan Skuadron Tempur 525.
  5. Letnan Kateřina Hlavsová, Republik Ceko

    Letnan Katerina Hlavsova / Gambar via ona.idnes.cz
    Letnan Kateřina ini berbeda dengan wanita lainnya, ia tidak suka berias dan lebih senang hidup di pedesaan serta melakukan wisata kuliner di waktu senggangnya. Wanita yang sudah sangat akrab dengan pesawat tempur supersonik Gripen ini mengaku bahwa menerbangkan pesawat tempur jenis F-16 merupakan keberuntungan lain dalam hidupnya.
  6. Letnan Juliette Fleming, Inggris

    Letnan Juliette Fleming mulai senang dengan pesawat sejak sang ayah memberi hadiah ulang tahun ke-17 nya berupa pelajaran terbang pertama kali. Saat RAF (Royal Air Force) mengadakan seleksi, hanya dua orang yang diterima dan salah satunya adalah Letnan Juliette.
    Letnan Juliette Fleming / Gambar via oxfordmail.co.uk
    Hingga kini, sudah banyak tugas yang diselesaikan oleh Juliette yang diantaranya adalah berada di garis depan Irak di tahun 2008 dan Afghanistan tahun 2009.
  7. Mayor Nicole Malachowski, Amerika Serikat

    Mayor Nicole yang akrab disapa FiFi ini merupakan wanita perwira Angkatan Udara Amerika Serikat dengan pangkat Mayor yang telah menjadi pilot pesawat tempur F-15E selama 8 tahun. Ia tercatat pernah memberikan dukungan udara di wilayah Kosovo tahun 1998 dan ambil bagian saat terjadi konflik Bosnia/Serbia saat mengamankan Pemilu di Irak.
    Mayor Nicole Malachowski / Gambar via pbase.com
    Selain dipercaya menerbangkan pesawat F-16 Fighting Falcon, ia juga pernah menerbangkan pesawat lain yaitu T-37, T-38, AT-38, F-15E, F-16C/D.
Memang masih banyak lagi wanita yang menjadi pilot pesawat tempur. Kini, banyak juga wanita yang turut ambil alih dalam pekerjaan lelaki. Selama itu tak membahayakan diri, kenapa tidak dilakukan?
Wow! Wanita Cantik ini Ternyata Pilot Pesawat Tempur! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top