Jumat, 14 Oktober 2016

Ternyata Benda yang Buat Kotor Dapur ini Fungsinya Luar Biasa!

Dapur seringkali menjadi tempat paling kotor di rumah. Betapa tidak, karena kita melakukan aktivitas kotor seperti makan dan memasak di dapur. Pemilik dapur terkadang tidak terlalu memperhatikan dapur dan membersihkan ketika kotor sudah terlihat saja.

Membersihkan dapur tak hanya perlu lap, sapu, atau pel saja. Tapi juga beberapa benda ini yang biasanya dianggap sebagai faktor pembuat kotor dapur. Benda apa saja itu?

Inilah benda yang buat kotor dapur tapi memiliki fungsi yang luar biasa:
  1. Bubuk Kopi

    Bubuk kopi / Gambar via teckleeseng.com
    Bubuk kopi memiliki kemampuan untuk menyerap bau yang tak sedap dengan baik. Kamu bisa meletakkan bubuk kopi di dalam kulkas agar kulkas harum. Atau jika kaki kamu sering berkeringat, tentu sepatu akan bau, maka letakkan bubuk kopi di rak sepatu.
  2. Minuman Bersoda

    Minuman bersoda / Gambar via natureworldnews.com
    Jika toiletmu kotor dan sulit untuk dibersihkan, coba saja siram toilet dengan minuman bersoda. Kandungan asam sitrat, fosfor, dan karbonat dalam minuman bersoda ampuh buat kotoran lebih mudah dibersihkan. Diamkan selama semalam dan kemudian sikat kotoran tadi.
  3. Garam

    Garam / Gambar via saltsistersonline.com
    Jika besi setrikamu sudah banyak gosong, cobalah untuk menggosoknya dengan garam. Taburkan garam pada alas yang biasa digunakan untuk menyetrika, kemudian gosok setrika di atasnya. Gosok hingga bekas gosong hilang.
  4. Roti

    Roti / Gambar via kingarthurflour.com
    Kita biasanya terganggu dengan remah-remah roti yang jatuh ketika dimakan. Tapi, roti sangat berguna ketika ada piring atau gelas yang pecah loh! Kamu bisa mengambil pecahan gelas atau piring itu dengan roti karena tekstur roti yang empuk, jadi tak perlu khawatir terluka kena pecahan.
  5. Tepung Jagung

    Tepung jagung / Gambar via livestrong.com
    Kalau kamu ingin kacamu bersih kinclong, coba bersihkan dengan tepung jagung. Larutkan tepung jagung dalam air hangat, kemudian masukkan dalam botol spray, dan gunakan untuk mengelap kaca.
  6. Baking Soda

    Untuk membersihkan sofa, kamu bisa menggunakan baking soda. Sofa menjadi barang yang sulit untuk dibersihkan, kalau menggunakan vacuum cleaner pasti menyisakan bau apek, dan kalau dicuci manual dengan air dan sabun tidak kering.
    Baking soda / Gambar via draxe.com
    Kamu bisa gunakan baking soda dengan cara menyebarkan baking soda di atas sofa untuk menghilangkan bau tidak enak. Setelah itu barulah kamu kebas-kebas atau gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan baking soda dari sofa.
  7. Saus Tartar

    Saus tartar / Gambar via cbc.ca
    Kalau ada saus tartar di rumah, gunakan untuk membersihkan kamar mandi. Caranya dengan mencampurkan saus tartar dengan saringan cuka, lalu siram ke lantai kamar mandi, wastafel, atau bath tub secukupnya. Biarkan selama 10 menit lalu sikat dan siram dengan air sabun.
Selamat mencoba!
Ternyata Benda yang Buat Kotor Dapur ini Fungsinya Luar Biasa! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top