Rabu, 12 Oktober 2016

Rumah Sakit Menetapkan Biaya sangat Mahal pada Seorang Ayah ini hanya karena ingin Memegang Bayinya Sendiri!

Orang tua mana yang tidak bahagia ketika anaknya lahir? Pasti orang tua akan sangat senang. Meskipun sang ibu harus merasakan sakitnya melahirnya, semua itu akan terbayar ketika sang anak sudah lahir. Biaya persalinan yang tidak murah pun jadi tidak terpikirkan lagi jika anak sudah lahir ke dunia.

Seperti sudah hal yang wajar jika bayi yang baru lahir harus bersentuhan kulit dengan ibu dan ayahnya, atau biasa disebut skin to skin contact. Hal ini untuk menciptakan ikatan emosional bagi bayi dengan ibu dan bayi dengan ayah.
Ryan beserta istri dan bayinya / Gambar via fox32chicago.com

Skin to skin contact dikenakan biaya

Tapi, kejadian tidak menyenangkan dialami oleh seorang lelaki yang baru saja menjadi ayah, Ryan Grassley. Istrinya baru saja melahirkan, ketika melihat tagihannya ia merasa kaget. Bukan karena tagihan yang mahal, tapi karena ada satu hal yang menurutnya aneh di tagihan. Dalam tagihan tertulis "skin to skin after c-sec" dengan biaya sebesar $ 39,35 atau setara Rp 500 ribu.

Ryan sangat kaget, itu artinya ketika ia dan sang istri memegang bayinya untuk pertama kali dikenakan biaya tambahan. Berita ini langsung menyebar di Amerika.
Tagihan yang diterima Ryan / Gambar via nytimes.com
Karena anehnya tagihan yang diterima Ryan, ia langsung menyebarkan berita itu lewat sosial media dan menuliskan caption, "Suster membiarkan aku megang bayiku yang tidur di leher istriku. Kami malah sempat meminta suster untuk memfoto kami. Semua orang ikut terlihat dalam proses itu, dan menurutku itu pengalaman yang baik. Tapi kami jelas kaget waktu melihat tagihan."

Netizen pemilik akun FiftiSixer menanggapi melalui akun Reddit nya, "Coba saya jelaskan, saya kebetulan seorang perawat di bagian persalinan. Saya tidak tahu pasti apa rumah sakit memberi biaya tambahan untuk itu, tapi kalau untuk melakukan sentuhan langsung di ruang operasi biasanya memang harus ada petugas medis tambahan untuk mengawasi sang bayi. Sebenarnya ini termasuk hal baru, tapi ini semua dilakukan untuk memastikan keamanan bayi."


Rumah Sakit Utah Valley, tempat dimana istri Ryan menjalani persalinan, mengetahui kabar tersebut. Mereka tentu saja tindak ingin disalahkan dan dianggap buruk pelayanannya. Mereka juga mengeluarkan pernyataan melalui juru bicaranya, Janet Frank.

"Secara umum di Rumah Sakit Utah Valley, sentuhan kulit antara ibu dengan bayi adalah hal yang biasa. Malah itu merupakan suatu keharusan karena terbukti sentuhan ibu sangat bermanfaat bagi bayi yang baru lahir.

Yang jelas kami selalu memastikan keamanan dan kesehatan kedua pasien. Apalagi di ruang operasi. Memang ada biaya tambahan. Tapi yang dimaksud skin to skin after c-sec itu bukan biaya menyentuh bayi. Melainkan biaya tambahan jika ada pihak lain selain ibu dan bayi yang ikut masuk ke ruang operasi. Semua ini untuk keselamatan pasien."

Pihak rumah sakit sudah memberikan pernyataan penjelasan. Tapi masih banyak tanggapan yang diluncurkan untuk Ryan dan sang istri. Semoga memang ini benar-benar demi pasien, bukan permainan pembayaran saja.
Rumah Sakit Menetapkan Biaya sangat Mahal pada Seorang Ayah ini hanya karena ingin Memegang Bayinya Sendiri! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top