Sabtu, 15 Oktober 2016

Negara ini Anti Banget loh dengan Kantong Plastik! Mana saja ya?

Beberapa bulan terakhir Indonesia menerapkan diet kantong plastik. Upaya ini baik untuk menyelamatkan bumi, karena sampah plastik yang dihasilkan per tahun bisa berton-ton banyaknya. Tentu ini sangat membahayakan karena plastik tidak dapat larut dalam tanah.

Ternyata, jauh sebelum Indonesia menerapkan diet kantong plastik, negara-negara lain di dunia sudah melakukannya terlebih dahulu. Bahkan, ada juga negara yang sampai anti terhadap kantong plastik. Wow, ekstrem juga ya?

Inilah negara yang anti banget dengan kantong plastik:
  1. Swiss

    Swiss menerapkan larangan penggunaan kantong berbahan dasar plastik sejak tahun 2012. Selain pemerintah, warga Swiss juga aktif mengurangi penggunaan antong plastik. Asosiasi Industri Plastik di Swiss menangani limbah plastik dengan sangat baik, yaitu sampah dibagi menjadi empat bagian, gelas atau beling, kaleng aluminium, plastik, dan limbah lainnya.
    Pengolahan sampah di Swiss / Gambar via brightside.me
    Selain itu, ada lagi tujuh organisasi yang menangani daur ulang sapah di Swiss dan semuanya berada di bawah naungan Swiss Recycling.
  2. Swedia

    Jika di Indonesia kelebihan sampah, di Swedia malah kekurangan sampah. Menurut data statistik Eurostat, Swedia hanya menghasilkan sampah rumah tangga 1% saja, padahal negara-negara di Eropa rata-rata menghasilkan sampah 38%.
    Pengolahan sampah di Swedia / Gambar via takepart.com
    Hal ini dikarenakan Swedia mengolah sampah dengan teknologi pembakaran sampah, yang mana pembakaran itu menghasilkan listrik yang dapat dialirkan ke rumah-rumah warga hingga perkantoran. Saking kurangnya sampah, Swedia sampai harus mengimpor sampah dari negara lain sebanyak 800 ribu ton per tahun.
  3. Kanada

    Pengolahan sampah Kanada / Gambar via adteachings.com
    Di Kanada malah lebih ekstrem, Dewan Kota Toronto jelas-jelas melarang penggunaan kantong plastik. Kantong plastik dianggap musuh nyata lingkungan dan ini sudah berlangsung sejak 1 Januari 2013.
  4. Italia

    Pengolahan sampah Itlaia / Gambar via treehugger.com
    Italia adalah negara Uni Eropa pertama yang melarang pemakaian kantong plastik, yaitu sejak 1 Januari 2011. Silvio Berlusconi, Perdana Menteri Italia pada masa itu mengeluarkan peraturan bahwa toko dan supermarket dilarang menggunakan kantong plastik. Dan setiap tahun hanya ada 300 sampah kantong plastik di Italia.
  5. Denmark

    Denmark memiliki keindahan alam yang luar biasa, oleh karena itu pemerintah sangat menjaga keindahan alam tersebut. Cara yang dilakukan adalah dengan menerapkan Dansk Retursystem, yaitu proses daur ulang sampah.

    Dansk Retursystem ini merupakan program yang dijalankan oleh organisasi non profit di bawah Kementrian Lingkungan Hidup Denmark.
    Dansk Retursystem / Gambar via karrierelink.borsen.dk
    Asyiknya di Denmark, kita akan diberi upah jika membuang sampah pada tempatnya. Kita menerima kartu dan kartu itu bisa digunakan di mesin ATM, sekilas proses ini seperti ketika kita menggunakan ATM, memasukkan kartu dan uang keluar.

    Setelah memasukkan sampah, mesin akan menyortir sampah dan mengkalkulasi berat sampah tersebut. Jadi buat kamu yang lagi butuh uang jajan dan sedang di Denmark, bisa tuh buang sampah pada tempatnya.
Unik sekali ya cara negara-negara maju ini menjaga lingkungannya agar tetap bersih. Indonesia jangan mau kalah donk!
Negara ini Anti Banget loh dengan Kantong Plastik! Mana saja ya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top