Sabtu, 01 Oktober 2016

MasyaAllah! Ambil Pelajaran Berharga ini dari Semut!

Semut, hewan yang tentu tidak asing lagi bagi kita. Semut bisa berada dimana saja, baik di dalam maupun di luar rumah. Apalagi ketika ada makanan sisa, pasti segerombolan semut akan menghampirinya.

Hewan kecil berwarna hitam, coklat, dan merah itu mungkin bagi kita adalah hama atau hewan pengganggu. Padahal, kalau kita telisik lebih lanjut mengenai kehidupan semut, kita bisa mengambil pelajaran berharga dari mereka.
Ilustrasi semut bekerja sama / Gambar via capitalwired.com
Inilah pelajaran yang bisa diambil dari kehidupan semut:
  1. Senantiasa Bersungguh-sungguh dalam Bekerja

    Allah Ta'ala mengaruniakan semangat dan etos kerja yang tinggi pada semut, mereka tidak pernah bermalas-malasan. Ini terbukti ketika kita melihat semut, pasti mereka sedang berjalan, entah itu membawa telur-telur, makanan, atau berpindah tempat. Apa kamu pernah melihat semut yang sedang tidur bermalasan?
  2. Berhati-hati dan Waspada

    Karena tubuhnya kecil, semut selalu waspada terhadap keadaan sekitarnya. Inilah yang seharusnya dilakukan oleh orang muslim, dimana kita harus tetap waspada agar tidak terjerumus ke dalam keburukan. Misalnya saja kita terjatuh, jangan sampai terjatuh kedua kalinya di lubang yang sama.
  3. Memiliki Keinginan dan Tekad yang Besar

    Semut memiliki tekad yang besar, meski badannya kecil. Semut mau mencari makanan yang manis dimanapun, meski di sekitarnya ada manusia yang ukurannya jauh lebih besar dari semut, dan sewaktu-waktu akan menginjak semut. Manusia jika ingin maju dan sukses juga harus memiliki tekad yang besar. Karena hanya "ingin" saja tak akan cukup.
  4. Mendahulukan Kepentingan Umum daripada Kepentingan Pribadi

    Egois adalah salah satu penyakit manusia. Tapi, semut tidak memiliki sifat tersebut. Mereka selalu mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadinya.
  5. Mau Berkorban

    Semut adalah hewan yang rela berkorban bagi koloninya jika memang ada hal yang genting. Mereka tak ragu membuat jembatan demi teman-temannya dapat menyeberang.
  6. Bekerja Rapi dan Tertata

    Ketika berjalan saja semut selalu rapi, mereka tidak ada yang saling mendahului. Begitu juga dengan pekerjaan, seolah sudah ada job description diantara mereka.
  7. Bijak dalam Menangani Masalah

    Ketika semut menghadapi masalah, mereka akan menghadapinya dengan bijak. Hal ini nyata terjadi pada masa Nabi Sulaiman Alaihissalam. "Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari." (QS An-Naml: 18) 
  8. Serius dan Mau Berinisiatif

    Keseriusan dalam beramal dan mau berinisiatif tentu membawa seseorang pada kemajuan.
  9. Pencapaian Tinggi

    Pencapaian tinggi yang diraih oleh semut menjadikan Nabi Sulaiman Alaihissalam senang hingga berdo'a untuk para semut.
  10. Bertanggung Jawab

    Semut tidak pernah meninggalkan tanggung jawabnya. Mereka akan menyelesaikan tugasnya hingga selesai.
Allah Ta'ala berfirman dalam Surat Ali Imran ayat 191, "Wahai Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka."

Jangan pernah remehkan apapun, sekalipun itu sekecil semut. Karena dibaliknya selalu ada hikmah yang dapat kita ambil.
MasyaAllah! Ambil Pelajaran Berharga ini dari Semut! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top