Senin, 03 Oktober 2016

Jangan Anggap Remeh Hal ini, Dosanya Lebih dari 30 Kali Zina!

Allah Ta'ala telah menetapkan hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Hal yang boleh dilakukan mendatangkan pahala pada manusia, sehingga ketika manusia mengerjakannya dapat membawanya kepada surga.

Sebaliknya, hal yang tidak boleh dilakukan akan menjerumuskan manusia kepada keburukan jika melakukannya. Hal-hal tersebut mendatangkan dosa sehingga jika dikerjakan akan menggiring manusia ke neraka.
Ilustrasi / Gambar via en.amerikanki.com
Sebenarnya, dosa itu tidak diukur besar ataupun kecil. Karena dosa sekecil apapun jika dilakukan secara terus menerus akan menjadikan dosa itu besar dan menumpuk. Imam Al Ghazali Rahimahullahu Ta'ala mengingatkan kita akan dosa yang dianggap remeh, padahal nilainya lebih buruk dari zina 30 kali!

Dosa apakah itu?

Dosa itu adalah menggunjing, yaitu membicarakan orang lain terkait hal yang tidak disukai meskipun itu benar adanya. "Dalam pandangan Islam, bergunjing itu lebih keji daripada berbuat zina tiga puluh kali lipat," tutur Imam Al Ghazali.

Di dalam Al Qur'an pun jelas-jelas diterangkan bahwa menggunjing adalah perbuatan yang sangat buruk. "Siapa yang menggunjing saudaranya, ia seperti memakan daging binatang yang sudah menjadi bangkai."

Belum tentu orang yang kita gunjing itu dosanya lebih besar dari kita, bisa jadi malah dosa kita yang lebih besar. Tak ada yang tahu akan hal itu. Oleh karena itu, janganlah menggunjing, sebab hal itu membawa pada keburukan dunia maupun akhirat.

Wallahu a'lam bishawab.
Jangan Anggap Remeh Hal ini, Dosanya Lebih dari 30 Kali Zina! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top