Senin, 03 Oktober 2016

Ingin Ruangan Bebas Polusi Udara? Gunakan Tanaman ini!

Tanaman terkenal sebagai penyerap polusi, oleh karena itu banyak sekali pepohonan yang ditanam di sepanjang jalan guna menyerap polusi. Bayangkan betapa gersang dan kotornya udara ketika tidak ada tanaman sama sekali.

Begitu halnya di dalam rumah, yang tak bisa terhindar juga dari polusi. Bau cat, furnitur, asap dari vacuum cleaner, mesin printer, asap rokok, dan barang lain juga menimbulkan polusi di dalam rumah. Oleh karena itu, perlu adanya tanaman yang berfungsi sebagai biofilter dan hal ini telah dipelajari sejak 1980-an serta terbukti efektif.

Inilah tanaman yang dapat menyerap polusi udara di dalam ruangan:
  1. Bromelia

    Bromelia / Gambar via burkesbackyard.com.au
    Bromelia baik untuk menyerap benzena, yang merupakan senyawa beracun dari asap kendaraan dan asap rokok. Tanaman dari suku nanas-nanasan ini memiliki tampilan warna yang menarik. Selain itu juga efektif dalam menghilangkan VOC (senyawa vilatil organik).
  2. Dracaena

    Dracaena / Gambar via fast-growing-trees.com
    Tanaman ini memiliki batang dan daun yang mengkilap. Tanaman ini sangat baik menghilangkan aroma cat yang menyengat dan menyerap polusi lebih banyak dibanding tanaman lainnya.
  3. Lili Paris

    Lili Paris / Gambar via Pinterest gambaralam.com
    Tanaman yang mudah dikembangbiakkan ini terbukti baik untuk menghilangkan etilbenzana, p-Xylenes, orthoxylene, yaitu senyawa yang ada pada tinta, karet, lem, cat, dan furnitur.
  4. Jade

    Jade / Gambar via bcliving.ca
    Jade memiliki fisik yang kuat, daunnya saja tidak seperti daun tanaman lain. Yang terpenting, Jade dapat menyerap polusi yang ditimbulkan cat dan thinner dengan baik.
Jika ingin membuat rumah bebas polusi, tak ada salahnya menggunakan tanaman tersebut!
Ingin Ruangan Bebas Polusi Udara? Gunakan Tanaman ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top