Rabu, 05 Oktober 2016

Hukum Tindik Telinga dalam Islam

Anting merupakan salah satu perhiasan yang sering dikenakan oleh orang, terutama para wanita. Anting menandakan seseorang itu laki-laki atau perempuan. Seperti pada anak yang baru lahir, orang tua mereka menindik telinga untuk dipasang anting sebagai penanda dia laki-laki atau perempuan.

Sekarang, fenomena tindik telinga tak hanya ada pada para wanita, tapi juga lelaki memakai tindik. Hal ini juga dibahas dan diatur dalam Islam.
Tindik telinga untuk bayi / Gambar via YouTube Schmovies

Bagaimana hukum tindik telinga dalam Islam?

Hukum menindik telinga bagi wanita adalah diperbolehkan. Anting-anting merupakan perhiasan yang diperbolehkan untuk dikenakan, khususnya bagi wanita.

Telah dijelaskan oleh Ustadz Ahmad Syarwat, bahwa para ulama menyatakan hukum menindik telinga dan memakai anting bagi anak perempuan diperbolehkan. Hal ini didasarkan pada iqrar atau pengakuan dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam terhadap kebiasaan wanita yang menindik telinga mereka.

Ibnu Al Qoyyim berkata, "Dan cukup sebagai bukti dibolehkannya hal tersebut adalah bahwa tindakan tersebut diketahui oleh Allah Ta'ala dan Rasul-Nya dan adanya pengakuan terhadap hal tersebut. Sebab jika hal tersebut terlarang, tentulah ada ayat atau hadits yang akan mengharamkannya." 

Ada pendapat lain yang menyatakan tindik itu diharamkan, yaitu yang dijelaskan oleh Ibnu Al Jauzi dalam Ahkam An Nisa yang mengutip pendapat dari Abu Al Wafa bin 'Uqail dan Abu Hatim At Thusi. Namun, hal ini perlu diteliti lebih lanjut karena belum ada dalil yang menjelaskannya.

Dalam Al Qur'an Surat Al A'raf ayat 32, Allah Ta'ala berfirman, "Katakanlah: Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah Ta'ala yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan rezeki yang baik? Katakanlah: Semuanya itu bagi orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia, khusus di hari kiamat. Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui." 

Jadi, anak perempuan yang baru lahir boleh ditindik dan dipakaikan anting-anting.
Hukum Tindik Telinga dalam Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top