Senin, 03 Oktober 2016

Hebat! Peraih Rekor Panjat Tebing Paling Terjal di Amerika adalah Seorang Lelaki Buta!

Olahraga merupakan aktivitas yang dapat menjadi aktivitas ringan dan bisa menjadi aktivitas yang membahayakan. Salah satu olahraga yang berbahaya adalah panjat tebing. Membayangkan tebing terjal dan tinggi saja sudah ngeri ya?

Kebanyakan dari kita menganggap bahwa seseorang yang tidak sempurna, misalnya tidak bisa melihat alias buta, tidak dapat melakuka apa-apa, terlebih olahraga. Jika melakukan suatu hal pun, pasti terbatas hanya pekerjaan yang ringan dan tidak membahayakan.
Erik Weihenmayer / Gambar via speakerpedia.com
Tapi, ada seorang tunanetra yang dapat memanjat tebing paling terjal di Amerika. Ia adalah Erik Weihenmayer, yang menjadi orang buta pertama dan berhasil memanfat tebing El Capitan kurang dari 24 jam pada 26 September 2016 lalu. Tebing ini merupakan tebing paling terjal yang ada di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat.

Pendakian El Capitan

Dalam pendakiannya, Weihenmayer tidak sendirian. Ia didampingi tim yang terdiri dari para pemanjat dan pendaki gunung veteran. Beberapa diantaranya adalah Hans Florina yang sudah memanfat El Capitan sebanyak 177 kali, Timmy O'Neillm, Geoff Tabin, dan Charley Mace.

Jalur pendakian yang dipilih adalah rute terpendek untuk mencapai El Cap, yaitu East Buttress yang terdiri dari 11 puncak dengan tinggi 1.500 kaki vertikal.

Florine berperan sebagai pemimpin dalam pemanjatan ini. Setiap ia sampai di puncak tertentu, ia lalu mengulurkan tali untuk Weihenmayer dan memberi petunjuk Weihenmayer untuk memegang tali tersebut.

Dulu ketika remaja, Weihenmayer adalah seorang pemanjat tebing, namun ia kemudian kehilangan penglihatannya akibat retinoschisis. Meski begitu, hingga usianya ke 48 ini dan tidak dapat melihat, ia tetap memanjat tebing.

Semangat Weihenmayer dalam memanjat tebing memang sangat tinggi!
Hebat! Peraih Rekor Panjat Tebing Paling Terjal di Amerika adalah Seorang Lelaki Buta! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top