Sabtu, 15 Oktober 2016

Anak Menginjak Puber? Tenang, Inilah Tips Menghadapinya dengan Bijak!

Setiap anak pasti akan mengalami masa puber. Masa ini terjadi di usia sekitar 11 tahun bagi anak perempuan, dan usia sekitar 12-13 tahun bagi anak laki-laki. Masa puber ditandai dengan berbagai perubahan-perubahan fisik maupun psikis dan emosional.

Anak-anak yang mengalami masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa ini akan mengalami perubahan perilaku. Anak perempuan biasanya akan lebih senang berdandan dan merawat diri. Dan anak laki-laki juga lebih ingin terlihat seperti ayahnya.
Beri pengetahuan pubertas pada anak / Gambar via parents.com
Terkadang, ada juga anak-anak yang mengalami masa puber lebih cepat. Hal ini dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang lebih baik, tontonan yang ada di televisi, juga pengaruh lingkungan. Dan pada masa inilah orang tua sangat berperan.

Menyikapi anak yang menginjak masa puber

Pada masa seperti ini, anak sangat membutuhkan perhatian dari orang tua. Oleh karena itu, bicarakan pada anak bahw ayang mereka rasakan saat ini adalah hal normal. Semua orang pernah mengalaminya. Bagi anak perempuan diberitahu oleh ibunya dan anak laki-laki diberitahu oleh ayah, jika ayah tidak sempat bisa diberitahu oleh ibu.

Selain itu juga, anak masa puber akan tertarik dengan lawan jenis. Hal inilah yang seringkali menjadikan orang tua geram, karena mereka jadi sering pulang malam, atau bertelepon dengan lawan jenis hingga larut malam.

Menyikapi anak yang masuk masa puber, orang tua harus terbuka pada anak. Hal ini supaya anak juga terbuka pada orang tua. Biarkanlah ia bercerita mengenai masalah-masalah dan apa yang sedang ia hadapi. Sebagai orang tua, kita akan memberikan saran dan menasihatinya.

Selainjutnya, awasi anak dari jauh. Usia puber sudah mewajibkan anak untuk bertanggung jawab sendiri. Ia sudah wajib untuk sholat lima waktu, dan lebih mandiri dari sebelumnya. Di sini orang tua harus memberikan contoh pada anak.

Anak memiliki kepribadian yang berbeda-beda, ada yang dekat dengan orang tua dan ada yang tidak. Untuk mereka yang canggung untuk curhat dengan orang tua, biasanya mereka akan curhat kepada orang lain. Takutnya anak mendapatkan informasi yang salah dari orang lain.

Oleh karena itu, jalinlah komunikasi yang baik dengan anak. Sering-seringlah mengobrol dengan anak dan berilah perhatian lebih dengan pertanyaan-pertanyaan yang menimbulkan komunikasi yang baik.

Semoga, orang tua diberi kemudahan untuk menjaga anak-anaknya dan semoga anak menjadi anak yang sholeh dan sholehah.
Anak Menginjak Puber? Tenang, Inilah Tips Menghadapinya dengan Bijak! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top