Jumat, 30 September 2016

Unik! Semburan Lumpur Lapindo Kini Menjadi Pulau!

Sudah tidak asing lagi mendengar kata Lapindo bukan? Perusahaan pertambangan di Porong, Sidoarjo, yang mengalami kecelakaan di tahun 2006 dan hingga kini ditinggalkan terbengkalai.

Lumpur Lapindo yang sudah menggenangi desa-desa di Sidoarjo sangat meresahkan masyarakat. Bahkan, image Sidoarjo sudah berubah menjadi daerah lumpur, karena ketika kita mengucapkan Sidoarjo, yang teringat di pikiran langsung lumpur Lapindo.
Pulau Sarinah / Gambar via sarinahisland.com
Namun, dibalik musibah pasti ada hikmah. Lumpur panas tersebut kini menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi orang-orang. Warga desa memanfaatkan hal tersebut untuk menambah pemasukan keuangannya.

Pulau baru bentukan lumpur Lapindo

Tak hanya itu, ketika kita berjalan ke bagian muara kali Porong tempat pembuangan lumpur tersebut, di sana ada sebuah pulau yang baru terbentuk. Nama pulau ini adalah Pulau Sarinah, pulau seluas kurang lebih 80 hektar yang berada di Muara Sungai Porong.

Desa yang dekat dengan Pulau Sarinah adalah Desa Tlocor, Kecamatan Jabon, Sidoarjo. Karena pulau ini sangat gersang pada awalnya, warga kemudian menanami berbagai tumbuhan di sana seperti bakau dan tanaman lainnya. Tak hanya itu, Pulau Sarinah juga kerap menjadi objek penelitian mahasiswa berbagai universitas.

Untuk memudahkan perahu merapat, di Pulau Sarinah terdapat dermaga. Rencananya, pemerintah akan membuat daerah ini menjadi tempat wisata.

Wah unik ya! Berencana wisata di Pulau Sarinah?
Unik! Semburan Lumpur Lapindo Kini Menjadi Pulau! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top