Jumat, 23 September 2016

Unik! Karyawan di Jepang yang Bau Badan Diatasi dengan Cara ini loh!

Setiap orang di seluruh dunia pernah mengalami masalah bau badan. Ada diantara mereka yang dapat menghilangkannya dan ada yang bahkan cuek sehingga bau badan tetap melekat pada tubuhnya.

Masalah bau badan menjadi sangat sensitif dan mengganggu. Perusahaan di Jepang sangat menganggap serius masalah bau badan ini. Karena di dunia bisnis jika seseorang bau badan, maka ketika mengadakan pertemuan dengan relasi bisnis pasti bau badan atau bau mulut sangat mengganggu.
Ilustrasi bau badan / Gambar via gulfnews.com
Karena pentingnya masalah ini, ada seminar yang diselenggarakan bagi mereka yang memiliki masalah terhadap bau badan. Seminar ini ditujukan khususnya untuk para karyawan, hingga sebuah perusahaan smartphone, Soft Bank, mewajibkan 40 karyawannya yang bau badan untuk mengikuti seminar tersebut.

Yasuko Okabe, salah satu peserta seminar mengatakan bahwa bau badan adalah hal sensitif yang tidak mungkin disampaikan langsung kepada rekan kerja. Oleh karena itu, diadakan seminar bau badan yang tujuannya mengedukasi karyawan, bukan semata-mata menuduh.

Objek yang dibicarakan dalam seminar adalah aturan menggunakan parfum supaya tidak berlebihan agar tidak meninggalkan bau yang menyengat. Selain itu juga tidak meninggalkan bau rokok di baju. Tak hanya itu, aturan "tidak boleh bau badan" bahkan sudah dimasukkan ke dalam tata tertib perusahaan.

Selain aturan menggunakan parfum, dalam seminar tersebut juga diajarkan cara mandi yang baik supaya tidak bau badan. Sejumlah butik, restoran, salon, dan kafe juga mengharuskan para karyawan untuk menggosok gigi setelah istirahat makan siang dan dianjurkan bagi mereka untuk tidak makan makanan dengan bau menyengat.

Wah, masalah bau badan bisa menjadi serius begini,  ya?
Unik! Karyawan di Jepang yang Bau Badan Diatasi dengan Cara ini loh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top