Rabu, 21 September 2016

Unik! Inilah Ikan yang dapat Menyanyikan Lagu Cinta!

Indonesia merupakan negara yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Di darat maupun laut memiliki kekhasan masing-masing. Terlebih, laut Indonesia memiliki beragam ikan dan terumbu karang yang indah.

Salah satu yang unik adalah ikan Ambon Damselfish atau ikan betok Ambon. Mungkin masih jarang terdengar di telinga kita, namun ikan ini sangat unik karena dapat menyanyikan lagu!
Ambon Damselfish / Gambar via fishchannel.com
Ikan betok Ambon mengeluarkan suara-suara unik seperti lagu pop ketika gigi ikan itu beradu. Steve Simpson, peneliti biologi kelautan dari Universitas Exeter di Inggris, menemukan fakta bahwa ikan yang memiliki nama spesies Pomancentrus Amboinesis itu ternyata bisa menyanyikan "lagu cinta". Ikan jenis ini ditemukan di wilayah Indonesia, termasuk di Ambon hingga Australia dan Taiwan.

Lagu cinta yang dilantunkan berupa suara tinggi dan ikan tersebut menyanyikannya ketika mencari pasangan dan ketika akan berkembang biak. Suara lagu cinta itu berhasil direkam oleh Simpson dari ikan betok Ambon yang berada di perairan Taiwan.

Ilmuwan belum tahu pasti bagaimana lagu cinta itu dihasilkan. Tapi, dilihat dari frekuensi yang mencapai 645 Hertz dimungkinkan bahwa suara itu dihasilkan dari kontraksi otot. Selain itu, suara yang dibuat ikan betok ini digunakan untuk memastikan spesies yang sama dapat berkomunikasi di tengah lingkungan karang yang berisik.

Wah unik sekali ya ikan betok Ambon ini!
Unik! Inilah Ikan yang dapat Menyanyikan Lagu Cinta! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top