Jumat, 09 September 2016

Stop! Hentikan Kebiasaan ini jika ingin Berumur Panjang!

Hidup itu menyenangkan, asal kita tahu cara bersyukur dan menikmatinya. Tapi terkadang, orang-orang lupa diri dan membuat mereka terlalu terlena dengan kenikmatan dunia. Mereka makan minum tanpa memperhatikan kesehatan, asal enak dan mereka suka, maka akan dilakukan.

Padahal, ada hal-hal yang membuat kesehatan kita menjadi buruk. Meski kamu masih berusia 20 atau 30 tahun an, bisa saja kamu terjangkit penyakit berbahaya karena gaya hidup dan kebiasaan yang tidak sehat. Oleh karena itu, jika ingin berumur panjang, kamu harus menghentikan kebiasaan burukmu.

Hentikan kebiasaan buruk ini jika ingin berumur panjang :
  1. Stop Konsumsi Banyak Makanan Cepat Saji

    Makanan terbaik adalah makanan alami olahan sendiri, karena kita tahu bahan apa saja yang baik dan tidak baik digunakan. Makanan cepat saji mengandung gula berlebih, sodium, lemak jenuh, dan kurang serat.
    Makanan cepat saji / gambar via vishwagujarat.com
    Oleh karena itu, banyak orang menderita penyakit kardiovaskular, hipertensi, kanker, dan diabetes, karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji.
  2. Berhenti Merokok

    Berhenti merokok / Gambar via uaehypnosis.com
    Sudah bukan mitos jika rokok menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dalam satu batang rokok saja mengandung banyak senyawa berbahaya. Jika kamu perokok, mungkin saat ini kamu belum merasakan efek buruk rokok, tapi ketika tua nanti kamu akan menuai penyakit karena merokok.
  3. Berhenti Duduk Berlama-lama

    Terlalu lama duduk / gambar via sydcon.com
    Banyak orang mengalami masalah kardiovaskular atau obesitas dikarenakan kurang bergerak. Mungkin waktu untuk berolahraga tidak ada karena kesibukan, tapi setidaknya luangkan waktu 15-30 menit untuk melakukan peregangan atau sekedar jalan-jalan kecil. Ini akan membantu mengurangi obesitas.
  4. Berhenti Menyimpan Dendam

    Berhentilah menyimpan dendam / Gambar via metro.us 
    Penyakit hati seperti dendam sangat tak baik jika disimpan terlalu lama. Oleh karena itu, belajar untuk ikhlas dan memaafkan sangat penting. Terlalu banyak menyimpan dendam bisa membuat orang terjangkit penyakit fisik lain.
  5. Jangan Terlalu Menutup Diri

    Jangan terlalu menutup diri / Gambar via awesomeinventions.com
    Jangan terlalu menutup diri, berhubunga sosial dengan orang lain dapat membuat kita lebih bahagia. Membantu mengatasi stres dan menguatkan sistem imun. Hubungan yang baik dapat membuatmu kuat, daripada hubungan buruk yang malah membuatmu menjadi negatif. Jangan tutupi dirimu, bergaulah dengan orang-orang yang menyenangkan bagimu.
  6. Jangan Mencurangi Tidur Malammu

    Jangan mencurangi tidur malam, tidur tidak kurang dari enam jam dan tidak lebih dari sembilan jam. Karena tidur kurang dari enam jam atau lebih dari sembilan jam dapat mengakibatkan risiko kematian.
    Tidur malam dengan baik / gambar via cabeau.com
    Kualitas tidur yang baik juga dapat meningkat kualitas kesehatan, mengurangi stres, mengurangi depresi, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Tidurlah di ruangan yang gelap dan jauhkan segala gadget agar tidak mengganggu tidurmu.
  7. Jangan Stres

    Jangan stres / Gambar via hercampus.com
    Stres dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, kurangi stres dan buat pikiranmu lebih tenang, jangan terlalu membebani pikiran.
Ingin berumur panjang? Hentikan kebiasaan itu ya!
Stop! Hentikan Kebiasaan ini jika ingin Berumur Panjang! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top