Kamis, 22 September 2016

MasyaAllah! Rela Mengayuh Sepeda dari China Demi Ibadah Haji!

Menunaikan ibadah haji bagi umat Islam merupakan suatu kewajiban dan termasuk dalam rukun Islam yang ke lima, asalkan umat tersebut mampu. Mampu di sini yaitu mampu dalam arti fisik dan finansial.

Banyak sekali kisah spiritual setelah seseorang pulang dari ibadah haji. Mereka mengaku mendapatkan hidayah dan sadar setelah pulang dari ibadah haji. Ini merupakan perwujudan seorang hamba yang semakin dekat dengan Sang Pencipta, Allah Ta'ala.

Berbicara mengenai ibadah haji, biasanya orang-orang di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah haji secara rombongan. Dari negara asal naik pesawat untuk menuju Tanah Suci. Tapi, berbeda dengan seorang lelaki asal Xinjiang, China ini, dimana kisah pergi hajinya berbeda dengan orang kebanyakan. Bisa dibilang ini merupakan kerja keras menuju Tanah Suci selain menabung.
Mohammad, bersepeda dari China hingga Mekkah / Gambar via worldbulletin.net
Ia adalah Mohammad, yang pergi ke Tanah Suci tidak seperti para jamaah haji lainnya yang naik pesawat terbang atau kendaraan lain. Mohammad mengendarai sepeda dari negaranya, China, menuju Mekkah. Ia mengayuh sebanyak 8.150 km jauhnya. Sungguh bukan jarak yang dekat.

Mohammad sampai di kota Kaif pada akhir pekan, menurut media lokal Saudi Arabia. Sampai di kota Kaif, Mohammad langsung disambut oleh para penggemar sepeda kota tersebut. Ketika datang, bukannya terlihat lelah atau lusuh, Mohammad malah terlihat sehat dan begitu bersemangat. Ia begitu mantap menjalankan ibadah haji meski dengan keperluan ibadah yang sederhana.

Salah satu penggemar sepeda yang menyambut Mohammad, Nayef Al Rawas berkata, "Kami akan menemani dia sebelum ibadah haji dilakukan. Kami mengajaknya untuk menemui teman-teman lain yang juga menggemari sepeda. Ia terlihat begitu semangat. Ia adalah seorang saudara yang begitu luar biasa." 

Entah mengapa Mohammad melakukan ibadah haji dengan bersepeda, apakah karena tak memiliki biaya jika menaiki kendaraan atau karena ia senang bepergian dengan sepeda, atau mungkin ia ingin memecahkan rekor?
Menurut berita, di Xinjiang orang Islam dianggap sebagai pemberontoh. Tapi tahun ini, pemerintah tetap memberangkatkan sebanyak 14.500 jamaah haji ke Mekkah.

Semoga ibadah haji yang dilakukan Mohammad berjalan lancar dan ia dapat menjadi haji yang mabrur. Aamiin.
MasyaAllah! Rela Mengayuh Sepeda dari China Demi Ibadah Haji! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top