Jumat, 02 September 2016

Inilah Tanda Anak Anda Korban Bully di Sekolah

Lebih dari seperempat murid di Amerika pernah di-bully. Dan tentu saja Anda perlu tahu apakah anak Anda juga mengalaminya, jadi dapat diantisipasi. Cara terbaik untuk menemukannya adalah membuka hubungan yang baik antara orang tua dengan anak agar mereka mau bercerita kepada orang tua.

Dengarkan curhatan anak sebelum mengambil tindakan. Tanyakan apa yang terjadi, seberapa sering hal tersebut terjadi, apakah hal itu mengganggu anak kita. Jika iya dan masalahnya menjadi serius, bicarakan dengan guru, dan jika sudah membahayakan bisa dilaporkan.
Dekat dengan anak dapat membuat orang tua dapat mengetahui apakah sang anak dibully / Gambar via empowher.com
Inilah tanda anak Anda menjadi korban bully di sekolah :
  1. Dia tidak Nyaman seperti Biasa

    Jika anak tidak tertarik lagi dengan makanan, film, hobi, atau kebiasaan yang ia lakukan, tanyakan padanya apa yang terjadi. Ini merupakan contoh kecil depresi karena di-bully.
  2. Ia sering Sakit Kepala atau Sakit Perut

    Stress karena di-bully membuat anak mengalami beberapa penyakit, seperti sakit kepala atau sakit perut.
  3. Banyak Persahabatannya yang Putus

    Perhatikan dengan siapa biasanya anak Anda bermain. Jika tiba-tiba ia tidak bermain dengan temannya, atau bahkan tidak ada teman yang bermain di rumahnya, tanyakan padanya.
  4. Ia tidak Ingin Pergi ke Sekolah

    Jika anak tidak mau pergi ke sekolah, selalu membolos, dan tidak pernah datang ke kegiatan ekstrakurikuler, bisa saja ini merupakan tanda ia di-bully. Anak melakukan hal ini untuk menghindari tindak kejahatan yang dilakukan oleh teman terhadapnya.
  5. Ia Merasa Dirinya Buruk

    Bully dapat menurunkan rasa menghargai diri sendiri, juga dapat menjadi alasan ia diserang oleh rekan-rekannya.
  6. Ia Mengalami Masalah Akibat Pem-bully-an pada Dirinya

    Karena pem-bully-an yang terjadi padanya, bisa saja ia menjadi anak yang kasar dan suka menyakiti orang lain. Ada juga yang menjadi lemah dan takut terhadap apapun.
Oleh karena itu, selalu awasi anak dan kontrol kegiatan di sekolahnya. Buat anak dekat dengan orang tua agar kita tahu apa yang terjadi pada anak ketika di sekolah.
Inilah Tanda Anak Anda Korban Bully di Sekolah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top