Jumat, 30 September 2016

Inilah Cara Naik Bus di Jepang

Jika melihat transportasi suatu negara, mungkin sebagian kita berpikir bahwa hal itu sangat rumit. Lihat saja di Indonesia, terkadang ada beberapa bus yang berhenti tidak tepat di haltenya, tulisan lokasi tujuan juga tidak jelas, dan kasarnya para sopir dan kondektur bus. Baca : Ini tanda-tanda kalau kamu dikibulin kondektur bus

Berbicara mengenai transportasi umum, coba kita lihat negara Jepang. Mereka memiliki alat transportasi yang bersih, salah satunya adalah bus. Bus di Jepang terlihat sangat teratur, tapi masih banyak yang menganggap bahwa naik bus di Jepang itu sulit. Apa benar sih?
Bus di Jepang / Gambar via happyjappy.com
Inilah cara naik bus di Jepang:
  1. Menunggu Bus di Halte

    Tunggulah bus di halte bus yang ada, periksa kembali jalur lokasi yang akan kamu tuju. Bisa saja bus yang berhenti di halte yang sama memiliki jalur berbeda. Jadi, jangan salah baca informasi atau tanyakan pada petugas atau orang yang akan naik bus juga.
  2. Jadwal Keberangkatan

    Di Jepang, jadwal keberangkatan bus hari biasa dan akhir pekan dibedakan, jadi jangan salah melihat jadwal keberangkatan ya. Selain itu, ketika menunggu di halte bus, kamu harus antre. Jadi, siap-siap jangan sampai kamu kebelet pipis atau hal-hal lain yang mengganggu antreanmu.
  3. Ketika di dalam Bus

    Bus Tokyo Sektor 23 dinaiki dari pintu depan dengan biaya perjalanan dibayar di awal. Bus ini tidak menghitung biaya berdasarkan jarak, melainkan harga yang sama untuk segala tujuan. Jadi kamu hanya perlu membayar satu kali dan pembayaran bisa dilakukan dengan uang tunai atau IC Card.

    Nama halte yang akan disinggahi akan muncul di layar elektronik dekat dengan sopir bus di bagian atas serta ditampilkan dalam bahasa Jepang dan Inggris. Halte tujuan akan diumumkan dengan bahasa Jepang, kalau kamu khawatir terlewati halte tujuan, kamu bisa memberitahu sopir tujuanmu dimana.

    Ketika akan turun, kamu bisa memencet tombol yang sudah disediakan sehingga pintu akan terbuka. Perlu diingat, di dalam bus kamu tidak boleh berbicara melalui telepon, jadi harap telepon di silent saja. Jika kamu membawa kereta bayi atau kursi roda, gunakan tempat yang sudah disediakan.
  4. Hal Lainnya

    Jika kamu tidak naik Tokyo Sektor 23 atau bus Tokyo lainnya, maka pembayaran dilakukan di belakang dan kamu harus masuk lewat pintu belakang. Tarif berdasarkan jarak tujuanmu, kalau kamu membayar dengan uang tunai harus membeli tiket terlebih dahulu, kalau dengan IC Card kamu hanya perlu menempelkannya di tempat yang sudah disediakan.

    Tidak ada jadwal keberangkatan di malam hari untuk bus lokal. Tapi di malam hari ada bus malam di jalur utama yang beroperasi hingga tengah malah, jadi hal ini bisa membantu ketika kamu pulang larut malam, tapi ingat bahwa tarif bus malam lebih mahal daripada siang hari.
 Bagaimana? Mudah bukan kalau kita mengikuti aturannya?
Inilah Cara Naik Bus di Jepang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top