Rabu, 14 September 2016

Ingin Hidup Hingga 100 Tahun? Inilah Rahasia dari Warga Desa di Italia yang Hidup Hingga Ratusan Tahun!

Setiap orang ingin memiliki umur yang panjang. Oleh karena itu, tak jarang mereka sangat menjaga pola makan dan olahraga teratur. Orang-orang beranggapan bahwa umur panjang dikarenakan pola hidup yang sehat.

Rata-rata usia harapan hidup di Indonesia adalah 70 tahun, hal ini berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik tahun 2010-2015. Namun ternyata, tak sedikit orang-orang di dunia ini yang memiliki usia hingga ratusan tahun. Apa rahasia mereka ya?
Rahasia hidup hingga ratusan tahun / Gambar via thesun.co.uk
Rahasia umur panjang di daerah kecil pesisir pantai di Italia, dikenal sebagai desa nelayan yang tenang, kebun zaitun, dan bukit-bukit. Di sana, peneliti melakukan riset dan menghabiskan waktu selama enam bulan untuk mencari tahu kenapa di semenanjung Cilento, sebelah selatan Napoli dan Pantai Amalfi, yang bangga karena orang-orang di sana hidup hingga 100 tahun lebih!

Para peneliti menemukan bahwa orang tua di sana memiliki sirkulasi darah yang luar biasa, dimana membantu mereka memberi makan berupa nutrisi untuk tubuh dan secara efisien membuang produksi limbah pada kapiler.

Selama enam bulan penelitian, dilakukan analisis terhadap sample darah dari 80 lebih orang tua dan menemukan bahwa mereka memiliki tingkat hormon luar biasa yang disebut adrenomedullin. 

Tingginya tingkat hormon tersebut mencegah sirkulasi darah dan dapat menyebabkan masalah kesehatan, tapi para penduduk lanjut usia di Cilento memiliki tingkat lebih banyak terlihat pada mereka yang berusia 20 dan 30 tahunan.

Alasan yang tepat dapat dipastikan, tapi para peneliti percaya bahwa hal itu dikombinasikan dengan diet sehat, dengan mengkonsumsi sayuran, bahan-bahan herbal dan ikan, latihan rutin dan faktor genetik, yang telah berkembang berabad-abad lamanya.

Kardiologis dari the School of Medicine at the University of California San Diego, Dr. Alan S Maisel, berkata, "Di usiamu, sirkulasi mikro akan ditutup dan tingkat adrenomedullin mulai terakumulasi. Darah tidak dapat mensuplai nutrisi secara efisien dan membuang produksi yang tidak digunakan. Tapi, ketika tingkatan sangat rendah, artinya sirkulasi mikro sangat baik." 

"Tingkatan rendah dari biomarker merupakan indikasi yang sirkulasi mikro yang sangat efektif dimana membiarkan aliran darah yang baik ke organ tubuh dan otot," kata Profesor Salvatore Di Somma dari La Sapienza University.

Penelitian dilakukan pada 81 orang tua di desa pesisir pantai di Acciaroli, bagian dari semenanjung Cilento. Di wilayah ini, terdapat 2.000 orang yang berusia lebih dari 100 tahun dari populasi keseluruhan sebesar 60.000. Jumlah ini merupakan proporsi yang luar biasa dan merupakan peringkat tertinggi dibanding dengan Sardinia dan pulau di Okinawa, dalam hal penduduk dengan umur yang panjang.

Para manula di daerah tersebut melakukan latihan seperti berkebun dan berjalan-jalan, serta mengkonsumsi banyak minyak zaitun, ikan lokal, dan memelihara kelinci serta ayam. Selain itu, mereka menambahkan tanaman herbal lokal di makanannya. Salah satunya adalah rosemary, yang dapat menjaga fungsi otak dan tanaman lokal lain yang masih dipelajari oleh ahli tanaman.

Dalam penelitian, tidak ditemukan penyakit kronis pada para manula di tempat ini. Padahal, di negara lain seperti Amerika, warga usia ini sudah mengidap beberapa penyakit seperti jantung, obesitas, dan Alzheimer. Selain itu, tidak ada juga manula yang menderita katarak di tempat ini.

Oleh karena ini, Cilento ditetapkan sebagai tempat yang baik untuk hidup sehat. Dan para peneliti juga menetapkan diet yang sehat sesuai dengan apa yang dimakan oleh warga Cilento ini.

Tertarik untuk mengikuti jejak para manula Italia?
Ingin Hidup Hingga 100 Tahun? Inilah Rahasia dari Warga Desa di Italia yang Hidup Hingga Ratusan Tahun! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top