Selasa, 27 September 2016

Ingin Anak Merasa Disayang? Orang Tua yang Baik akan Lakukan ini!

Menjadi orang tua itu tak mudah, karena mendidik dan memperlakukan anak merupakan tugas yang sangat berat. Ketika anak dididik dengan didikan yang keras dan disiplin, bisa membuat anak menjadi takut. Sebaliknya jika menuruti segala kemauan anak, anak bisa menjadi manja dan menjadi pembangkang.

Sebagai orang tua harus bisa memberi contoh yang baik, mengajari anak bagaimana yang baik dan bagaimana yang tidak baik. Tapi yang terpenting diberikan oleh orang tua kepada anak adalah kasih sayang.

Menunjukkan rasa kasih sayang orang tua kepada anak tak harus selalu mengatakan, "Papa sayang kamu, nak", atau "Kamu anak mama yang paling mama sayangi", atau mencium dan memeluk anak dengan sering. Menunjukkan kasih sayang kepada anak bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana dan hal itu akan membuat anak merasa disayang tanpa mengucapkan kata "Papa dan mama sayang kamu."

Inilah yang bisa dilakukan orang tua untuk membuat sang anak merasa disayang:
  1. Antar Anak untuk Tidur

    Ilustrasi gambar
    Orang tua ingin anaknya tidur tidak terlalu malam, oleh karena itu antar anak ketika akan tidur. Bacakan cerita atau dongeng masa lalu, atau cerita tentang keluarga kepada sang anak. Ini akan membuat hubungan orang tua dan anak semakin dekat, jangan hanya menyuruh anak tidur tapi orang tua masih asyik menonton TV.
  2. Puji dan Hargai Karyanya

    Ilustrasi gambar
    Ketika anak menunjukkan karya yang ia buat, pujilah dia dan hargai karyanya. Setidaknya luangkan waktu untuk melihat karya anak, sedikit pujian akan membuat sang anak merasa dihargai dan ia akan sangat bersemangat membuat karya-karya yang lain.
  3. Dengarkan Ceritanya

    Ilustrasi gambar
    Tanya apa yang sedang ia pikirkan dan biarkan ia menceritakannya. Dengarkan dengan sabar dan tanggapi dia.
  4. Buatlah Makanan Kesukaannya

    Ilustrasi gambar
    Ketika anak suka makan ayam goreng, buatkanlah untuknya. Tentu akan menyenangkan bukan, melihat ekspresi senang anak ketika ibu menyiapkan makanan kesukaannya?
  5. Temain Anak Bermain dan Belajar

    Ilustrasi gambar
    Bermain dan belajar adalah dunia anak-anak. Dekati dan sayangi anak dengan cara menemaninya bermain dan belajar.
  6. Peka Terhadap Perasaan Anak

    Ilustrasi gambar
    Ketahui suasana hati dan perasaan anak. Misalnya ketika di luar sedang hujan deras, sang anak bosan di dalam rumah dan ingin bermain di luar. Sebagai orang tua, ajak ia bermain di dalam dengan permainan-permainan papan atau ajak anak melakukan hal yang menyenangkan, seperti membuat makanan kemudian memakannya bersama.
  7. Makan Bersama tanpa Gadget

    Ilustrasi gambar
    Luangkan waktu bersama, antara orang tua dan anak tanpa gangguan gadget, gunakan waktu tersebut untuk berbincang dan bercerita tentang apapun.
  8. Ajarkan Disiplin dengan Kasih Sayang

    Ilustrasi gambar
    Tanamkan disiplin untuk anak tapi tetap dengan kasih sayang, agar ia berani mengakui kesalahan yang ia perbuat tanpa berbohong.
  9. Beri Kejutan untuk Anak

    Ilustrasi gambar
    Beri ia kejutan, misalnya ketika ia berbuat baik, ia meraih nilai yang baik di kelas, ia menjuarai perlombaan, atau hal istimewa baginya.
  10. Tunjukkan Kasih Sayang Setiap Hari

    Ilustrasi gambar
    Dengan mengantarnya pergi ke sekolah dan memberikan kecupan di keningnya, anak bisa merasakan bahwa orang tua menyayanginya setiap hari.
Ingin Anak Merasa Disayang? Orang Tua yang Baik akan Lakukan ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top