Rabu, 14 September 2016

Bolehkah Memakan Daging Qurbannya Sendiri Bagi Orang Yang Berqurban?

Waktu berqurban di hari raya Idul Adha adalah mulai tanggal 10 hingga 13 Dzulhijjah. Dengan kata lain, sampai hari Kamis, 15 September 2016 besok, kita masih boleh menyembelih sapi atau kambing untuk qurban.

Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul perihal qurban ini. Mulai dari hukum berqurban hingga hukum memakan daging qurban sendiri. Sebenarnya, boleh nggak sih makan daging hewan qurban yang telah kita qurbankan?
Sapi qurban / gambar via wikipedia.org
Mengenai hal tersebut, ada sebagian ulama yang mengatakan sunnah malahan ada juga yang wajib. Mereka merujuk pada firman Allah Ta'ala dalam QS. Al-Haj: 28) yang artinya : “Makanlah darinya dan berikan kepada orang yang sangat membutuhkan.”  
 
Al-Qurthubi berkata, kalimat ‘Makanlah darinya’ pada ayat tersebut merupakan perintah yang berarti anjuran. Dianjurkan bagi seseorang yang berqurban untuk makan sebagian dan memberikan lebih banyak sebagai sedekah. Para ulama juga membolehkan untuk menyedekahkan semuanya.

Imam Malik pernah berkata pada Abdullah bin Wahb, “Saya senang jika sohibul qurban makan daging qurbannya. Karena Allah berfirman, yang artinya: ‘Makanlah bagian hewan qurban’.” Ibnu Wahb mengatakan, Saya bertanya kepada Al-Laits dan ia menjawab dengan jawaban yang sama. (Tafsir Ibn Katsir, 5:416).

Begitulah, sehingga kesimpulannya, bagi kamu yang berqurban, bolehlah memakan daging qurbanmu sendiri sebagian, dan sebagian yang lain diberikan kepada orang-orang. Baca : Inilah ciri-ciri kambing qurban pilihan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam
Bolehkah Memakan Daging Qurbannya Sendiri Bagi Orang Yang Berqurban? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top