Minggu, 25 September 2016

Awas! Jadi Orang Tua jangan Kelewat Disiplin, Anak jadi Gampang Bohong!

Mendidik anak-anak itu tidak mudah. Jika akan mendidik anak dengan baik, dari diri orang tua sendiri juga harus menanamkan perilaku yang baik pula. Tak jarang, orang tua menerapkan cara mendidik yang ketat bagi anak.

Didikan yang ketat dan disiplin dipercaya akan membuat anak juga disiplin. Tapi ternyata, tak selalu didikan yang ketat ini menjadikan anak makin disiplin loh, justru anak akan mudah berbohong!
Ilustrasi orang tua disiplin / Gambar via improve-your-child.com
Victoria Talwar, pakar anak-anak, mengatakan bahwa orang tua yang kelewat disiplin dalam mendidik anak-anaknya akan berakibat pada cara merespon anak-anak. Hal ini membuat sang anak akan belajar berbohong untuk menghindari hukuman.

Talwar melakukan penelitian bersama rekan-rekannya di McGill University dengan "permainan mengintip". Penelitian ditujukan pada anak-anak yang dididik secara ketat oleh orang tuanya dan anak-anak yang dididik tidak terlalu ketat.

Suatu objek suara ditempatkan di belakang anak-anak. Salah satu cara untuk melihat objek tersebut adalah dengan mengintip ke belakang. Orang tua diminta keluar beberapa menit. Kemudian mereka kembali lagi dan menanyai sang anak apakah mereka mengintip atau tidak.

Anak-anak yang dididik dengan ketat akan memberi penjelasan rumit dan tidak jujur, sedangkan anak-anak yang lain cukup terampil untuk berkata kebenaran dan tidak berbohong. Hal ini terjadi karena anak-anak yang dididik dengan didikan ketat takut jika dimarahi atau dihukum oleh orang tuanya.

Menurut pengamatan Talwar, anak usia dua tahun umumnya mulai mengatakan kebohongan primer, yang biasanya merupakan bualan. Ketika berusia empat tahun, anak akan melakukan kebohongan sekunder yang berbohong untuk menghindari hukuman. Dan ketika berusia tujuh tahun, keahlian berbohong anak lebih meningkat yang terlihat seperti suatu yang meyakinkan.

Berbohong adalah sikap yang buruk. Tak ada orang tua yang senang jika anaknya pandai berbohong. Tapi, pendidikan disiplin juga diperlukan bagi anak, karena jika tidak ada pendidikan disiplin anak-anak jadi seenaknya seolah tanpa aturan.

Oleh karena itu, boleh mendidik anak secara disiplin, tapi jangan terlalu ketat. Jangan sampai kebohongan anak meningkat dan anak terbiasa berbohong, jaga agar kadar berbohong anak tidak melewati batas.
Awas! Jadi Orang Tua jangan Kelewat Disiplin, Anak jadi Gampang Bohong! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top