Sabtu, 13 Agustus 2016

Tips Menghilangkan Belang Putih pada Tubuh

Kulit manusia merupakan bagian terluar dari tubuh yang tergolong bagian sensitif. Banyaknya penyakit kulit menyebabkan kulit rentan terserang berbagai penyakit dan kelainan tersebut. Salah satunya adalah belang putih pada kulit dan dalam istilah medis disebut dengan vitiligo.

Belang putih ini dapat menyerang kulit jenis apapun. Karena belang inilah, banyak yang tidak percaya diri, apalagi belangnya terdapat pada area yang mudah terlihat oleh orang lain. Para ahli percaya bahwa hal ini dapat terjadi karena kelainan dimana sistem imun menyerang sel yang memproduksi melanin.

Mengenai hal ini, jangan khawatir karena dapat diatasi dengan pengobatan sendiri. Penasaran apa saja itu?

Inilah tips menghilangkan belang putih pada tubuh :
  1. Biji Lobak

    Biji lobak / Gambar via spicejungle.com
    Giling 25 gram biji lobak menjadi bubuk dan campurkan dengan 2 sendok teh cuka hingga berbentuk pasta. Kemudian, oleskan pada bagian yang terdapat belang putih dan tunggu selama kurang lebih 20-30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Ulangi setiap hari selama beberapa bulan hingga belang putih hilang.
  2. Ginkgo Biloba

    Ginkgo Biloba / Gambar via spain-info.co.uk
    Ginkgo biloba merupakan antioksidan yang dapat mengurangi proses penyebaran penyakit dan dapat menginduksi pigmentasi. Gunakan 40-80 mg sebanyak tiga kali sehari, tapi konsultasikan kepada dokter untuk dosis yang sesuai untukmu.
  3. Cuka Sari Apel

    Cuka sari apel / Gambar via greenblender.com
    Cuka sari apel dapat membasmi jamur yang menyebabkan vitiligo. Hal ini juga membantu menurunkan kadar asam pada perut. Campurkan air dan cuka sari apel dengan jumlah yang sama, kemudian oleskan pada kulit yang terkena vitiligo 2 kali sehari selama sebulan, atau minum segelas air dengan 1 sendok makan cuka sari apel setiap hari sebelum makan.
  4. Minyak Kelapa

    Minyak kelapa / Gambar via coconut-merchant.com
    Oleskan minyak kelapa pada area kulit yang terdapat belang putih sebanyak 2-3 kali sehari dan ulangi dalam beberapa minggu.
  5. Jahe

    Jahe / Gambar via mamabee.com
    Jahe dapat meningkatkan sirkulasi darah dan produksi melanin. Iris jahe yang masih segar dan oleskan pada kulit, kemudian tunggu hingga mengering. Ulangi prosedur tersebut sebanyak 1-2 kali sehari dapat beberapa minggu. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan membuat jus jahe yang dicampur dengan daun mint, lalu minum setiap hari dalam beberapa minggu.
  6. Neem

    Neem / Gambar via zeenews.india.com
    Campurkan daun neem yang sudah ditumbuk dengan buttermilk hingga menjadi pasta dan oleskan pada belang putih hingga kering. Setelah itu, bilas hingga bersih dan lakukan selama beberapa minggu hingga hilang.
  7. Kunyit

    Kunyit / Gambar via authoritynutrition.com
    Campurkan 5 sendok teh bubuk kunyit dengan 250 ml atau 1 cangkir minyak mustard dan oleskan pada area belang putih 2 kali sehari.
Sebelum melakukan tips tersebut, konsultasikan kepada dokter agar dosis juga dapat disesuaikan.
Tips Menghilangkan Belang Putih pada Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top