Jumat, 05 Agustus 2016

Tips Mendidik Anak Nakal Sesuai Ajaran Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam

Anak adalah anugerah terindah yang diberikan oleh Allah Ta'ala. Baiknya sebagai orang tua harus menjaga dan mengasuh anak dengan sangat baik. Anak yang sholeh dan sholehah adalah dambaan setiap orang tua. Selain enak dipandang, mengasuh anak yang penurut pun lebih mudah.

Namun, ada juga yang diberi cobaan dengan anak yang nakal. Sebenarnya, anak adalah cerminan dari orang tuanya. Dan nakal tidaknya anak tergantung juga dengan cara mendidik orang tuanya. Tapi tenang, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memiliki cara untuk mendidik anak yang nakal.

Ilustrasi anak nakal / Gambar via blogs.tribune.com.pk
Inilah tips mendidik anak nakal sesuai ajaran Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam :
  1. Menggantungkan Alat Pemukul di Rumah

    Gantungkan alat pemukul, misalnya tongkat atau semacamnya. Hal ini bukan untuk memukul anak, tapi hanya untuk memperingatkan anak agar ia tidak berbuat nakal.

    Imam Ibnul Anbari berkata, "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memaksudkan dengan perintah untuk menggantungkan cambuk (alat pemukul) untuk memukul, karena beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memerintahkan hal itu kepada seorang pun. Akan tetapi, yang beliau maksud adalah agar hal itu menjadi pendidikan bagi mereka."
  2. Menegur dengan Suara Keras

    Jika anak tidak bisa ditegur dengan halus, maka teguran dengan nada keras diperlukan. Namun ingat, tetap harus dengan kata-kata yang baik, jangan sampai kata-kata buruk terlontar dari mulut.
  3. Memberi Hukuman Ringan yang tidak Melanggar Syari'at

    Hukuman dilakukan jika anak masih nakal, dan hukuman tersebut harus membawa anak pada kebaikan. Syari'at Islam juga tidak boleh dilanggar dengan alasan menghukum anak.
  4. Tidak Menegur

    Jika anak masih bandel dan hal yang dia lakukan tidak terlalu berbahaya, coba menghukum dengan cara tidak menegurnya. Hal itu akan membuat anak jera dan merasakan akibat buruk yang ditimbulkan dari perbuatan tersebut.
  5. Menampakkan Muka Masam

    Menampakkan muka masam kepada anak dapat dilakukan agar anak tahu bahwa perbuatannya itu buruk dan membuat orang tuanya tak suka.
  6. Menasihati

    Anak senakal apapun juga butuh nasihat, karena nasihat dapat mengena ke hatinya sehingga ia sadar dan tidak berbuat nakal lagi.
Itulah tips yang diajarkan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam untuk mendidik anak yang nakal.
Tips Mendidik Anak Nakal Sesuai Ajaran Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top