Selasa, 02 Agustus 2016

Tips Cepat Basmi Rayap di Rumah

Hewan kecil pemakan kayu ini sangat mengancam perabotan kayu di rumah, seperti meja, kursi, almari, bahkan tiang penopang yang terbuat dari kayu dapat terancam juga karena adanya rayap. Tak hanya perabotan yang rusak, jika rayap memakan tiang kayu dapat mengancam keselamatan anggota keluarga juga ketika rumah roboh.

Sebelum segala perkakas kayumu rusak karena rayap, kamu bisa mendeteksi apakah ada rayap di dalam rumah. Cari tahu apakah ada kayu yang keropos dan bekas serbuk kayu di rumahmu, jika ada berarti memang di rumahmu terdapat rayap.
Furnitur yang diserang rayap / Gambar via bermudapestcontrol.com
Tak hanya kayu, di tumpukan buku juga bisa saja terdapat rayap karena bahan baku pembuatan buku adalah kayu. Jadi, periksa juga tumpukan buku di rumah. Agar tak ada rayap lagi, kamu perlu membasmi rayap tersebut.

Inilah tips cepat basmi rayap di rumah :
  1. Minyak Tanah

    Hampir semua serangga tak suka dengan minyak tanah. Jadi, jika ada sarang rayap cobalah guyur dengan minyak tanah supaya rayap dapat keluar dari sarangnya.
  2. Air Tembakau

    Cara menggunakannya sama dengan minyak tanah. Pertama-tama, rendam tembakau di dalam air selama semalaman hingga sari-sarinya keluar, kemudian semprotkan air tembakau tersebut ke sarang rayap.
  3. Air Cucian Beras

    Setelah mencuci beras, jangan langsung buang airnya karena air cucian beras dapat digunakan untuk menyiram sarang rayap atau di sekeliling sarang rayap.
  4. Menjemur Perabotan

    Jika ada perabotan seperti kursi dan meja atau perabot lain yang kecil dan mudah diangkat serta terdapat rayap di sana, jemurlah perabotan tersebut. Karena rayap suka di tempat yang lembab, maka menjemur perabotan akan membuat rayap kabur.
  5. Air Kapur Sirih

    Serangga tidak suka air kapur sirih karena panas, sehingga tubuh rayap jika disemprot akan terasa terbakar.
  6. Garam

    Jika kamu malas dengan tips sebelumnya, coba usir dengan garam. Taburkan garam di sekitar sarang rayap, maka rayap tak akan betah dan langsung pergi.
Setelah rayap berhasil diusir, jangan senang dulu karena bisa saja mereka datang lagi. Oleh karena itu, kamu harus tahu pencegahan supaya rayap tidak menyerang rumah lagi. Cara pertama adalah dengan memberi jarak antara tembok dengan perabotan kayu, supaya serangan rayap dapat dihindari.

Selanjutnya, bersihkan selalu gudang. Memang gudang identik dengan tempat kotor, tapi kamu juga harus membersihkannya agar tak muncul rayap. Jika di gudang terdapat rayap, bisa saja rayap itu masuk ke dalam rumah.

Selain itu, karena rayap suka di tempat lembab kamu seharusnya memeriksa secara rutin tempat-tempat lembab. Pilih juga furnitur yang berkualitas untuk rumah, karena rayap seringkali ada pada kualitas kayu yang buruk. Dan yang tak kalah penting, konsultasikan ke ahlinya. Selamat mencoba!
Tips Cepat Basmi Rayap di Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top