Senin, 08 Agustus 2016

Tersangkut Tulang Ikan di Tenggorokan? Jangan Takut! Inilah Solusinya

Makan ikan memang menyenangkan, apalagi jika diolah menjadi makanan kesukaan. Sayangnya, memakan ikan yang berduri ini bisa jadi menjengkelkan ketika duri ikan tak sengaja tertelan dan menyangkut di tenggorokan.

Memang tidak berbahaya, tapi jika dibiarkan lama takutnya malah menyebabkan luka dan infeksi dan dapat membahayakan nyawa. Sebenarnya, di dalam tenggorokan terdapat enzim yang dapat menghancurkan tulang ikan tersebut, tapi membutuhkan waktu yang lama.
Ilustrasi / Gambar via ercenters.com
Panik karena tulang ikan menyangkut di tenggorokan terkadang kita langsung pergi ke dokter THT, karena dokter THT memiliki alat yang dapat melihat dan mengambil tulang ikan yang ada di tenggorokan tersebut. Namun, sebelum pergi ke dokter THT, ada baiknya kita urus sendiri masalah ini.

Inilah tips mengatasi tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan :
  1. Jangan coba-coba mengambilnya dengan tangan kita, hal ini bisa menyebabkan infeksi di tenggorokan.
  2. Minumlah air putih, jika dirasa lebih enakan, lakuan hingga tak terasa lagi. Tapi, jika masih terasa sakit, sebaiknya hentikan saja karena hal itu malah membuat perutmu menjadi kembung. Cara ini berhasil jika tulang ikan yang menancap tidak terlalu dalam.
  3. Cobalah batuk untuk membuat duri ikan keluar, jika tidak berhasil hentikanlah karena dapat membuat tenggorokan meradang.
  4. Ambil segenggam nasi, bulatkan dan padatkan, kemudian telan nasi tersebut maka duri ikan akan menancap pada nasi dan ikut terbawa ke lambung.
  5. Selain nasi, kamu juga bisa melakukannya dengan pisang. Sama dengan nasi, telan pisang seukuran yang kiranya bisa kamu telan.
  6. Cara lain, kamu bisa menggunakan bolu dan lakukan hal yang sama seperti dengan pisang atau nasi.
  7. Jika cara di atas belum berhasil, segeralah kamu pergi ke dokter THT agar tidak berdampak buruk bagi tenggorokan dan kesehatanmu.
Yang terpenting sebelum makan, berdo'alah dan perhatikan juga ikan yang akan kita makan, pastikan bersih dari duri ya!
Tersangkut Tulang Ikan di Tenggorokan? Jangan Takut! Inilah Solusinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top