Sabtu, 06 Agustus 2016

Tak Selamanya Buruk, Terkadang Kita Juga Butuh Sikap Egois!

Egois adalah sikap dimana kita lebih mementingkan diri sendiri ketimbang orang lain. Di dalam pelajaran sejak SD dulu pun, kita sering menemukan bahwa kita harus peduli pada orang lain dan mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

Memang egois membawa dampak buruk, terutama orang lain karena biasanya orang lain yang tersakiti hatinya. Tapi, tak selamanya egois membawa dampak buruk. Kita juga terkadang membutuhkan sikap egois, asalkan tidak berlebihan. Inilah buktinya!
Ilustrasi egois / Gambar via forbes.com
Tak selamanya buruk, terkadang kita juga butuh sikap egois, inilah buktinya :
  1. Setiap Orang Memiliki Privasi, Menjadi Egois Artinya Kamu Menyayangi Apa yang Kamu Miliki

    Hidup dengan orang-orang di sekitar kita yang sudah dekat dengan kita, seperti keluarga, saudara, atau teman, membuatmu harus berbagi dengan mereka. Tapi, untuk hal-hal yang sifatnya privat, seperti handphone misalnya, kamu boleh menegur ketika mereka menggunakannya tanpa seijinmu. Apalagi membuka pesan atau hal terlarang di handphone mu.
  2. Berjuang atas Prinsip dalam Kehidupanmu

    Setiap orang pasti memiliki prinsip hidup yang berbeda dengan orang lain. Tapi terkadang, kita mengorbankan prinsip yang kita pegang demi dapat berkompromi dengan orang lain. Menghianati prinsip hidup bukankah sama dengan menghianati diri sendiri? Pikirkan lagi, seharusnya kamu mempertahankan prinsip hidup kamu, bukan mengorbankannya.
  3. Hubungan yang tak Sesuai Harapan dan tidak Membawa Kebaikan di Masa Depan? Tak Usah Dipertahankan

    Dalam sebuah hubungan, ada juga masa-masa dimana ketidak nyamanan itu muncul. Kadangkala, kekurangan dalam sebuah hubungan dapat dilengkapi satu sama lain. Tapi, jika hubungan tersebut sudah tak dapat diselamatkan dan nampaknya tak ada harapan untuk masa depan, untuk apa dipertahankan?
  4. Tak Perlu Takut Menyakiti, Kadang Menolak Ajakan Teman Lebih Baik daripada Memaksakan Diri

    Suatu saat, temanmu mengajakmu hang out. Tapi kala itu, kamu sedang banyak tugas dan harus dikumpulkan esok hari, ditambah lagi keuanganmu sedang tak mendukung. Tak ada salahnya kamu menolak meski kamu dibilang "nggak asik"oleh temanmu, tapi kamulah yang paling tahu kondisimu.
  5. Mintalah Bantuan Orang Lain jika memang Diperlukan

    Mungkin ada rasa tak enak ketika kamu meminta bantuan, takut merepotkan atau hal lain. Tapi, sesekali meminta bantuan orang lain juga tak masalah. Ini artinya kamu masih menganggap orang-orang di sekitarmu. Mintalah bantuan jika memang membutuhkan, asalkan jangan terlalu merepotkan.
  6. Jangan Terlalu Sibuk Memikirkan Orang Lain, Lihatlah Dirimu Sendiri!

    Terkadang, kita terlalu memikirkan orang lain hingga apapun yang diinginkan orang lain terhadap kita, kita akan menurutinya. Sadarlah! Dirimu juga perlu dipikirkan, jangan hanya mementingkan orang lain.
  7. Tinggalkan Pekerjaan yang Dirasa Sudah tak Membawa Kebaikan tanpa Sungkan dengan Atasan dan Rekan Kerja

    Keputusan untuk berhenti bekerja atau resign itu cukup sulit. Kamu harus menghadapi atasan dan rekan kerja yang mungkin akan mencegahmu berhenti dan menyayangkan kepergianmu. Tapi, jika kamu merasa tak nyaman dan ingin mencari kenyamanan, kamu bisa meninggalkannya.
  8. Jika tak Mampu, Katakan Terus Terang jangan Sampai Menaruh Beban

    Terkadang, ketika seorang anak sudah dewasa dan memiliki pekerjaan serta gaji, mereka ingin membantu keluarganya. Entah itu sekedar membayar tagihan listrik, atau membantu kebutuhan dapur. Ini boleh saja dilakukan, tapi semakin bertambah usia kebutuhanmu pun makin banyak. Jika tak mampu membantu, katakan saja dan keluargamu pasti akan mengerti.
Jadi, bersikap egois terkadang diperlukan. Asalkan jangan terlalu egois ya!
Tak Selamanya Buruk, Terkadang Kita Juga Butuh Sikap Egois! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top