Rabu, 10 Agustus 2016

Inilah Nasihat Imam Al Ghazali yang Penuh Makna

Imam Al Ghazali adalah seorang ulama, ahli pikir, ahli filsafat Islam yang terkemuka yang banyak memberi sumbangan bagi perkembangan kemajuan manusia.

Di suatu hari, Imam Al Ghazali pernah memberi nasihat pada murid-murid beliau. Nasihat tersebut sangat sarat dan penuh makna, dan jika mengikuti nasihat tersebut, maka kita akan menjadi muslim yang baik.
Imam Al Ghazali / Gambar via azquotes.com
Inilah nasihat Imam Al Ghazali yang penuh makna :
  1. Yang Paling Dekat adalah Mati

    Mati itu adalah janji Allah Ta'ala yang dapat datang kepada siapa saja. Dan mati itu misterius waktunya, tidak ada yang tahu kapan, tidak ada pula yang dapa memundurkan atau memajukan waktu mati.
  2. Yang Paling Jauh adalah Masa Lalu

    Masa lalu hanyalah hal yang lalu, jangan pernah diungkit-ungkit lagi, karena tidak ada seorang pun yang dapat kembali ke masa lalu. Oleh karena itu, jangan terlau membanggakan diri dengan kebaikan di masa lalu karena yang kita hadapi adalah masa depan.
  3. Yang Paling Besar adalah Nafsu

    Nafsu adalah hal besar yang dapat mengalahkan manusia. Nafsu juga dapat menjerumuskan manusia ke hal yang buruk, bahkan melakukan hal yang dilarang oleh Allah Ta'ala.
  4. Yang Paling Berat adalah Menanggung Amanah

    Ketika itu, Allah Ta'ala memerintahkan tumbuhan, binatang, gunung, malaikat, untuk menjadi pemimpin di dunia ini. Tapi, tak ada yang menyanggupinya. Lalu, datang manusia dengan sombongnya menerima permintaan Allah Ta'ala untuk menjadi pemimpin di dunia ini. Oleh karena itulah banyak manusia yang masuk ke neraka karena tidak sanggup menanggung amanah.
  5. Yang Paling Ringan adalah Meninggalkan Sholat

    Banyak alasan yang menjadikan manusia meninggalkan sholat, padahal semua alasan itu tidak dibenarkan. Karena asalan sibuk atau sedang bepergian, orang jadi melupakan dan meninggalkan sholat, betapa mudahnya.
  6. Yang Paling Tajam adalah Lidah

    Hanya melalui perkataan, lidah mulai berucap, dapat melukai hati orang lain. Kalau hati orang lain sudah terluka, maka sulit rasanya untuk menyembuhkannya.
Agar hidup kita tetap lurus, janganlah lupakan nasihat penuh makna dari Imam Al Ghazali ini.
Inilah Nasihat Imam Al Ghazali yang Penuh Makna Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top