Senin, 29 Agustus 2016

Inilah Kunci Hilangkan Stres setelah Pensiun

Setiap orang pasti memiliki masa pensiun. Apapun pekerjaannya, mereka pasti memiliki hari tua yang terbebas dari beban pekerjaan. Tapi, menyiapkan masa pensiun tak semudah yang dibayangkan, tak hanya selesai bekerja tapi bagaimana tetap dapat menikmati hidup dengan nyaman dan tercukupi ketika sudah pensiun.

Mereka yang memiliki gaji tetap setiap bulan dan masih dibayar ketika pensiun tidak terlalu bermasalah dengan datangnya masa pensiun, karena mereka masih punya gaji hanya saja sudah dipotong dari sebelumnya. Bagi yang tidak memiliki gaji tetap, harus pandai-pandai mengelola uang ketika masih kerja agar cukup untuk masa pensiun.
Menikmati hidup di masa tua / Gambar via expertbeacon.com
Menurut penelitian, sekitar 70 persen gaji yang diterima digunakan untuk menabung guna persiapan pensiun. Padahal, mereka bisa menggunakannya untuk menghasilkan pasif income sebagai pegangan ketika pensiun nanti. Uang tersebut nantinya yang akan membuat masa pensiun menjadi aman tanpa khawatir tidak memiliki uang.

Terlebih, dengan keadaan ekonomi yang tak menentu, jika hanya bergantung pada tabungan bisa saja kita kekurangan. Bisa saja gaya hidup kita berubah setelah pensiun.

Selain itu, masalah kesehatan juga pasti akan menghampiri mengingat kondisi usia yang semakin tua. Stres yang berkepanjangan dapat menimbulkan berbagai penyakit, misalnya susah tidur, obesitas, depresi, dan lainnya.

Memang hal itu dapat menyerang usia berapapun, tapi bagi mereka yang sudah pensiun dan berusia lanjut tentu saja lebih mudah terserang.

Jadi kuncinya, menabung itu perlu, tapi yang lebih penting bagaimana uang hasil kerjamu itu masih tetap dapat menghasilkan di hari tua.
Inilah Kunci Hilangkan Stres setelah Pensiun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top