Selasa, 09 Agustus 2016

Inilah Kisah Unik Dibalik Mata Uang di Dunia

Dahulu kala, orang melakukan pembayaran dengan cara menukar barang, atau yang dikenal dengan istilah barter. Seiring berjalannya waktu, ditemukan alat tukar pembayaran namun masih bermacam-macam dan belum praktis bentuknya, seperti lempengan logam, emas yang berbentuk cekungan, dan masih banyak lagi.

Karena kemajuan pola pikir manusia, ditemukanlah alat tukar pembayaran yang bernilai dan mudah dibawa, itulah uang. Mata uang di seluruh dunia berbeda, begitu pula bentuk dan bahan pembuatannya. Dan berbagai mata uang di dunia ini memiliki kisah unik tersendiri. Apa saja itu?

Inilah kisah unik dibalik mata uang di dunia :
  1. Modifikasi Uang karena Kudeta (Zaire)

    Mata uang Zaire / Gambar via listverse.com
    Di tahun 1997, terjadi kudeta pada rezim Joseph Mobutu di Zaire, sekarang bernama The Democratic Republic of the Congo. Karena jumlah uang yang terbatas, pemerintah justru sibuk mendesain dan mencetak uang yang baru.
  2. Uang Kumpulan Voucher (Vietnam)

    Uang dari kumpulan voucher / Gambar via joelscoins.com
    Ada yang unik dari uang di negara Vietnam tahun 70-an. Uang ini tidak bisa digunakan untuk membeli berbagai hal, karena hanya berupa voucher. Uang ini hanya bisa digunakan untuk membeli baju dan perlengkapannya.
  3. Uang dari Batu (Pulau Yap, Kep. Solomon)

    Ada yang aneh dengan uang di Pulau Yap ini. Bentuk uangnya sangat besar, dengan diameter 12 kaki dan berat 8 ton yang terbuat dari batu rai (semacam batu kapur). Batu ini amat disakralkan oleh penduduk.
    Uang dari batu / Gambar via en.wikipedia.org
    Penduduk Pulau Yap rela berkelana untuk mencari batu ini dan nyawa dipertarukan untuk mendapatkannya. Nilai nominal dari uang batu ini tak hanya dihitung dari besarnya saja, melainkan juga dari pengorbanan mendatangkannya ke Pulau Yap.

    Karena ukurannya yang besar, uang ini hanya diletakkan di luar rumah sang pemilik, bahkan ada yang membiarkannya di hutan. Namun, dimanapun tergeletak tetap diketahui siapa pemiliknya. Ketika pergantian pemilik, maka dilakukan upacara khusus.
  4. Uang Pecahan Terbesar (Hungaria)

    Uang pecahan terbesar / Gambar via en.wikipedia.org

    Mata uang dengan pecahan terbesar dimiliki oleh Hungaria, yaitu 100.000.000.000.000.000.000 Pengo di tahun 1946. Uang seratus juta triliun Pengo ini diciptakan karena kurs saat itu hanya sekitar 20 US cent.
  5. Uang dari Lembaran Kayu (Jerman)

    Uang dari lembaran kayu / Gambar via liansuo1040.com
    Lembaran kayu pernah digunakan Jerman sebagai bahan pembuat uang untuk memulihkan keadaan pasca Perang Dunia I. Selain kayu, ternyata Jerman juga menggunakan alumunium foil, kain sutera, hingga kartu remi sisa perang.
  6. Koin Perak Bonus Air Suci (Kep. Palau)

    Koin di Palau / Gambar via theweek.com
    Di tahun 2007, Palau mencetak koin perak dengan gambar perawan suci dan menyertakan botol kecil berisi beberapa tetes air suci yang diambil dari mata air suci di Lourdes Perancis. Sebelumnya, Palau pernah menyertakan mutiara, bahkan batu meteor pada uang koinnya.
  7. Kulit Tupai (Rusia)

    Kulit tupai / Gambar via mba-in-finance.org
    Mungkin ini sedikit mengerikan karena Rusia menggunakan kulit tupai sebagai mata uang. Bagian lain di tubuh tupai pun tak luput digunakan, seperti kuping, jari, atau bagian lain yang berfungsi sebagai recehan.
Itulah kisah unik dibalik mata uang di dunia.
Inilah Kisah Unik Dibalik Mata Uang di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top