Minggu, 21 Agustus 2016

Inilah Hukuman di Dunia Bagi Orang yang Sombong!

Allah Ta'ala berfirman, "dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi bumi." (Q.S. Al Isra' : 37)

Manusia adalah makhluk ciptaan Allah Ta'ala. Tidak ada yang membenarkan manusia itu menjadi sombong, karena apa yang dimiliki manusia semua adalah dari Allah Ta'ala. Sombong adalah sifat yang hanya boleh dimiliki oleh Allah Ta'ala, Dzat Yang Maha Kuasa.
Ilustrasi orang sombong / Gambar via flipquiz.me
Karena Allah Ta'ala lah kita sekarang ini dapat hidup, dapat menikmati kesehatan, menikmati dunia, dan segala hal yang dapat kita lakukan. Namun sayangnya, masih banyak juga orang yang sombong dan merasa dirinya hebat.

Padahal jika kita menyadarinya, sifat sombong hanya akan membawa kita pada hal buruk, penderitaan, serta penyesalan. Tak hanya siksaan di akhirat, tapi di dunia pun akan mendapat siksa bagi orang-orang yang sombong.

Ada sebuah hadits yang mengisahkan, "Ada seorang lelaki makan di samping Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dengan tangan kirinya. Lalu Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, 'Makanlah dengan tangan kananmu!.'Orang tersebut malah menjawab, 'Aku tidak bisa.' Beliau bersabda, 'Apakah kamu tidak bisa?'. Dia menolaknya karena sombong. Setelah itu tangannya tidak bisa sampai ke mulutnya." (HR. Muslim No. 3766)

Itulah hukuman yang didapat karena sombong, orang tersebut tidak bisa mengangkat tangannya karena menolak perintah Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Tak hanya itu hukuman yang diterima di dunia, tapi banyak lagi macam hukuman yang dapat menimpa siapapun yang sombong, tentunya sesuai dengan kehendak Allah Ta'ala.

Oleh karena itu, janganlah sampai kita bersifat sombong. Ingatlah bahwa sombong adalah sifat yang hanya boleh ada pada Allah Ta'ala. Beristighfarlah ketika terbersit sombong di hati, mintalah ampunan pada Allah Ta'ala.
Inilah Hukuman di Dunia Bagi Orang yang Sombong! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top