Kamis, 11 Agustus 2016

Inilah Cara Mencari Website dengan Arsip Cache dan Dokumentasi archive.org

Perkembangan teknologi sekarang ini memudahkan kita dalam berbagai hal, salah satunya dalam mencari informasi. Jika dulu untuk mencari informasi kita harus mencari buku, surat kabar, atau mendatangi tempat yang ingin dicari informasinya, sekarang hal itu tak perlu lagi karena kita dapat mencari informasi melalui internet.

Kita bisa dengan mudah mencari berbagai informasi di internet, karena banyak sekali website yang menyediakan informasi yang kita butuhkan. Sayangnya, terkadang kita kesulitan dalam mencari informasi masa lalu karena website yang menyediakan sudah tidak ada lagi.
Web archive / Gambar via matthewweathers.com
Jika menemui hal itu, jangan risau. Karena semua itu dapat dipulihkan kembali karena adanya pihak ketiga yang menyediakan data pendokumentasian file-file lama tersebut, yaitu disediakannya "cache" oleh pihak Google atau bisa pula diperiksa pada mesin pengarsipan yang disediakan oleh archive.org.

Cache merupakan tempat menyembunyikan atau menyimpan sementara data yang ada dengan tujuan meningkatkan transfer data dengan cara menyimpan data yang pernah diakses. Cache juga berfungsi sebagai tempat untuk pendokumentasian, karena di sana juga ada data yang bisa dianggap back up.

Web archive merupakan situs pengarsipan yang prosesnya berupa pengumpulan bagian dari WWW (World Wide Web) dan kemudian diawetkan dalam sebuah arsip. Bagian WWW ini berisi informasi berupa tulisan, gambar, multimedia. dan file lain yang diarsipkan dengan memberdayakan web crawler untuk menangkap otomatis secara berkala informasi dari website.

Semua situs yang tidak bersifat formal dapat dilihat. Tampilannya pun terlihat tak jauh berbeda dari situs aslinya, sedangkan informasi yang tersedia juga utuh sesuai aslinya.

Tak hanya tulisan yang ada di web archive, tapi juga file lain seperti gambar dan video. Namun, ketika file lain tersebut sudah dihapus oleh sang pemilik website atau website nya sudah tidak aktif, maka filenya akan hilang juga.

Untuk menemukan dokumentasi situs-situs di internet, tinggal mengetikkan alamat URL yang hendak dicari dan tekan tombol enter atau klik "search". 

Semoga bermanfaat!
Inilah Cara Mencari Website dengan Arsip Cache dan Dokumentasi archive.org Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top