Kamis, 11 Agustus 2016

Ingin Balas Dendam yang Baik Sesuai Islam? Begini Caranya!

Manusia adalah makhluk yang tak sempurna, sering melakukan kesalahan dan khilaf. Manusia juga memiliki hawa nafsu yang menjadikannya sering terjerumus ke hal yang kurang baik, salah satunya memiliki sifat pendendam.

Di dalam Islam, kebaikan dibalas dengan kebaikan, tapi keburukan tidak boleh dibalas dengan keburukan pula. Ketika hati kita terluka, disakiti, timbul rasa ingin membalas, timbul dendam pada orang yang menyakiti tersebut.
Balas dendam / Gambar via cbsnews.com
Meskipun tidak boleh dibalas juga dengan keburukan, tapi kita bisa membalasnya dengan menjadi pemaaf. 

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Tidaklah seseorang memaafkan kedzaliman (terhadap dirinya) kecuali Allah Ta'ala akan menambah kemuliaannya." (HR Ahmad, Muslim dan Tirmidzi)

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Apabila seseorang mencacimu atau menjelek-jelekkanmu dengan aib yang ia ketahui ada padamu, maka janganlah kamu balas memburukkannya dengan aib yang kamu ketahui ada padanya. Maka pahalanya untuk dirimu dan dosanya untuk dia." (HR. Al Muhamili dan Amalinya no. 354, Hasan)

Jadi, jika ada yang berbuat buruk, meskipun itu menyebarkan aibmu, janganlah kamu membalasnya menyebarkan aibnya, sekalipun kamu mengetahuinya. Kamu pasti tidak ingin mendapatkan dosa kan? Justru kamu harus menjadikan ini sebagai sumber pahalamu, karena orang yang menjelek-jelekkanmu akan mendapat dosa dan kamu akan mendapatkan pahala.

Oleh karena itu, jadilah orang yang pemaaf. Pemaaf itu adalah sifat terbaik. Karena dengan menjadi pendendam, kita akan semakin jauh dari Allah Ta'ala dan akhlak akan menjadi buruk. Sebaliknya, jika kita menjadi pemaaf, maka kita dapat belajar sabar, ikhlas, dan Allah Ta'ala akan memberikan pahala kepada kita.

Wallahu a'lam bishawab.
Ingin Balas Dendam yang Baik Sesuai Islam? Begini Caranya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top