Minggu, 21 Agustus 2016

Heboh! Ternyata Rafflesia Bukan Bunga Bangkai!

Indonesia memiliki bunga endemik yaitu Rafflesia arnoldii dan bunga bangkai (Amorpophallus titanium). Kedua tanaman ini tumbuh di hutan-hutan di Indonesia. Tumbuhnya pun sangat jarang, dan jika tumbuh hanya ada satu tanaman saja.

Kedua bunga ini sangatlah berbeda, namun orang-orang sering terbalik menyalahkannya. Rafflesia bukanlah bunga bangkai, dan keduanya memiliki perbedaan pada klasifikasi biologi, bentuk, warna, cara hidup, dan siklus hidup.
Rafflesia arnoldii / Gambar via geo.de
Rafflesia merupakan genus tumbuhan parasit yang tumbuh di hutan hujan di Indonesia. Ditemukan oleh pemandu dari Indonesia yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold pada tahun 1818 dan dinamai berdasarkan nama Thomas Stamford Raffles, pemimpin ekspedisi tersebut.

Rafflesia hanya terlihat mahkota bunganya saja yang berwarna merah. Tumbuhan ini merupakan endoparasit pada tumbuhan merambat dari genus Tetrastigma (famili Vitaceae).

Masa pertumbuhan Rafflesia hanya 9 bulan, namun hanya tumbuh sekitar 5-7 hari saja. Dan bunga ini sulit dikembangbiakkan di luar tempat hidupnya di hutan Sumatera. Hanya ada satu jenis Rafflesia yaitu Rafflesia padma yang dapat tumbuh di Kebun Raya Bogor.
Bunga bangkai / Gambar via kew.org
Sedangkan bunga bangkai, atau juga dikenal dengan suweg raksasa Titan Arum (Amorphpophallus titanium), tumbuh endemik di kawasan hutan Sumatera. Bunga bangkai berwarna krem pada bagian luar dan bagian dalamnya menjulang. Sedangkan mahkotanya berwarna merah keunguan.

Bunga bangkai tumbuh menjulang tinggi, tidak melebar seperti Rafflesia. Tingginya pun dapat mencapai 4 m dan diameter sekitar 1,5 m. Bunga bangkai mengalami 2 fase dalam hidupnya yang muncul secara bergantian, yaitu vase vegetatif dan vase generatif.

Jadi itulah bedanya, Rafflesia arnoldii berbentuk lebar dan pendek, sedangkan bunga bangkai memiliki tubuh yang tinggi. Jangan salah lagi ya!
Heboh! Ternyata Rafflesia Bukan Bunga Bangkai! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top