Rabu, 31 Agustus 2016

Dokter Membangunkan Pasien Koma dengan Membuat Otaknya "Melompat" Menggunakan USG

Sakit dapat membuat seseorang mengalami koma. Koma merupakan situasi darurat medis ketika penderitanya mengalami keadaan tidak sadar dalam jangka waktu tertentu. Ketidaksadaran ini disebabkan oleh menurunnya aktivitas di dalam otak yang dipicu oleh beberapa kondisi.

Membuat seseorang bangun dari koma bukanlah tindakan yang mudah. Ada banyak perawatan dan pengobatan untuk membuatnya kembali sembuh.
Koma / Gambar via abcnews.go.com
Ada kejadian luar biasa, dimana seorang dokter berhasil membangunkan pasien koma untuk pertama kalinya dengan membuat otaknya melompat. Hal ini dilakukan dengan mencoba teknik USG.

Teknik membangunkan orang koma dengan USG

Sebuah cawan diletakkan pada sebelah kepala pasien berusia 25 tahun ini selama 10 menit. Setiap setengah dari 10 menit, denyut jantung akan melemah dan menciptakan energi untuk menstimulasi jaringan otak. Dalam 24 jam, terjadi respon pada pasien. Dan dalam tiga hari, ia sudah sadar dan memahami dengan baik setiap perkataan.

Ia dapat menganggukkan kepala untuk berkata "ya" atau menggeleng untuk berkata "tidak". Ia juga melambaikan tangan untuk mengatakan selamat tinggal pada dokternya.

Lelaki yang tidak diketahui namanya ini telah sadar sebelum perawatannya di University of California, Los Angeles, dan mengalami kemajuan yang sangat luar biasa. USG membangunkan sel-sel syaraf otak di thalamus, dimana merupakan tempat mengatur gerakan dan kesadaran.

Meski membangunkan pasien koma dengan cara ini berhasil, tapi harus dilakukan percobaan lebih lanjut untuk membangunkan pasien lain yang koma dengan cara seperti ini.
Dokter Membangunkan Pasien Koma dengan Membuat Otaknya "Melompat" Menggunakan USG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top