Rabu, 20 Juli 2016

Yuk! Cegah Obesitas sebelum Bayi Lahir!

Anak yang gemuk memang menggemaskan, dan tentu saja gemuk itu menandakan bahwa anak tersebut sehat. Tapi, anggapan ini tak selamanya benar, karena gemuk pada anak jika dibiarkan dapat memicu obesitas.

Obesitas dapat menjadi ancaman berbahaya, karena obesitas merupakan awal mulanya dari berbagai penyakit yang berbahaya. Munculnya Arya Permana, bocah dengan berat 190 kilogram membuat para orang tua bertanya-tanya, apakah obesitas dapat diprediksi sebelum lahir?
Obesitas pada anak / Gambar via gdnonline.com
Ilmuwan dari Princeton University di New Jersey, Robert C. Whitaker, MD, MPH, melakukan penelitian di Cincinnati Children's Hospital Medical Center. Ia menyebutkan bahwa anak-anak cenderung berisiko obesitas jika ibunya juga kegemukan selama masa kehamilan.

Menurut Whitaker, calon ibu yang kegemukan di awal masa kehamilan memicu risiko obesitas dua kali lipat pada saat anak berumur 2 sampai 4 tahun.

Anak dinyatakan obesitas adalah apabila berat badannya diatas rata-rata anak seusianya. Serta anak itu memiliki lemak tubuh sebanyak 95 persen lebih banyak dari anak-anak seusianya. Whitaker menyebutkan bahwa sampai usia 4 tahun, satu diantara empat anak yang dilahirkan oleh perempuan yang kegemukan mengalami obesitas.

Di laman Harvard School of Public Health Obesity Prevention Source Web menyebutkan setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan perempuan saat mengandung agar anaknya tidak mengalami obesitas, yaitu kebiasaan merokok, naiknya berat badan, dan tingkat gula darah selama kehamilan.

Meskipun merokok selama hamil cenderung memperlambat tumbuhnya embrio, tapi anak dari perempuan yang merokok selama hamil cenderung lebih berisiko mengalami obesitas daripada yang tidak merokok.

Selanjutnya, kenaikan berat badan ibu hamil juga menyebabkan anak obesitas. Penelitian ini bernama Project Viva yang melibatkan pengamatan terhadap 2.000 perempuan hamil dan anak mereka.

Ibu yang mengalami berat badan ketika hamil, memiliki anak yang obesitas pada umur 3 tahun. Mereka berisiko empat kali lipat dibandingkan ibu yang berat badannya cukup.

Pada perempuan hamil yang mengidap diabetes, ketika anak mereka berusia 5-7 tahun berisiko kelebihan berat badan. Tapi, jika diabetes itu ditangani dengan baik, risiko diabetes dapat berkurang.

Yang terpenting agar anak tidak mengidap obesitas, perhatikan tiga hal itu baik-baik ya.
Yuk! Cegah Obesitas sebelum Bayi Lahir! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top