Senin, 04 Juli 2016

Wow! Hewan Aneh dari Negeri Dongeng ini Ternyata ada di Sulawesi loh!

Pernahkah kamu menonton film yang bercerita akan negeri dongeng? Pasti pernah kan? Di sana ada banyak sekali tokoh-tokoh fiksi yang aneh dan tak masuk akan jika keberadaannya nyata.

Di Indonesia yang memiliki keragaman flora dan fauna pun jarang ditemui adanya hewan aneh seperti yang ada di negeri dongeng. Namun, ada satu hewan aneh seperti yang ada di negeri dongeng dan ternyata ada di Indonesia, tepatnya di Sulawesi!
Babi rusa / Gambar via blog.nature.org
Inilah babi rusa, hewan yang dipopulerkan pertama kali oleh Gulielmi Pisonis dalam bukunya, India Utriusque re Natural el Medica, di diterbitkan di Amsterdam tahun 1658. Di sampul buku tersebut, tampak dua orang lelaki dengan beberapa hewan aneh. Salah satunya memiliki taring dan ukurannya sebesar anjing, dan ternyata inilah babi rusa.

Babi rusa memiliki sepasang taring tajam yang muncul dari moncong dan sepasang taring yang lain keluar dari hidung, melengkung hingga hampir ke mata. Ekornya kecil dan melingkar, cuping telinganya kecil dan tegak ke atas, serta tapak kaki seperti rusa. Pisonis kala itu menggambarkannya berdasarkan tengkorak babi rusa yang ada di Sulawesi.

Orang-orang masih menganggap hewan ini aneh dan hanya ada di negeri dongeng. Namun, seorang naturalis dari Inggris, Alfred Russel Wallace, pertama kali bertemu dengan babi rusa di hutan Sulawesi pada tahun 1858. Kala itu, ia tengah melakukan penjelajahan Nusantara dan dibingungkan dengan keberadaan babi rusa.
Babi rusa berbeda dengan babi pada umumnya, mereka makan buah-buahan dan membelah kayu untuk mencari ulat kayu.

Babi rusa ini hanya ada di Sulawesi. Induk babi rusa hanya melahirkan satu sampai dua ekor babi rusa dalam setahun, kemudian setelah lahir anaknya disusui selama satu bulan dan selanjutnya akan mencari makan sendiri.

Kini, keberadaan babi rusa sangat terancam. Selain karena sedikitnya jumlah kelahiran babi rusa, ini dikarenakan warga sekitar yang memburunya untuk diambil dagingnya dan rusaknya habitat utama hewan ini.Sejak tahun 1986, babi rusa sudah dimasukkan dalam kategori konservasi vulnerable (rentan) oleh IUCN Red List. Dan oleh CITES, hewan ini didaftar dalam Apendiks I yang berarti tidak boleh diburu dan diperdagangkan.

Wah, bangga ya Indonesia punya hewan unik yang hanya ada di Indonesia.
Wow! Hewan Aneh dari Negeri Dongeng ini Ternyata ada di Sulawesi loh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top