Jumat, 01 Juli 2016

Tips Mudah Terhindar dari Vaksin Palsu!

Baru-baru ini, Indonesia sedang dihebohkan dengan berita mengenai vaksin palsu. Tentu saja hal ini meresahkan masyarakat, khususnya para orang tua yang memiliki anak balita karena mereka yang paling sering menggunakan vaksin untuk anak mereka.

Vaksin yang seharusnya menjadi vitamin, obat, dan penangkal penyakit bagi anak malah menjadi ancaman ketika beredar vaksin palsu. Oleh karena itu, orang tua seharusnya jeli dalam memilih dan memberikan vaksin kepada anak.
Vaksin / Gambar via anongalactic.com
Dokter spesialis anak RSUD Ulin dan RS Islam Banjarmasin Kalimantan Selatan, Edi Hartoyo, memberikan tips pada orang tua dan pelayan kesehatan mengenai vaksin palsu. Caranya antara lain, jika menemui harga vaksin Rp 400 ribu, jangan langsung senang. Bisa saja itu adalah vaksin palsu, karena harga eceran tertinggi vaksin di atas Rp 600 ribu.

Orang tua juga lebih baik memvaksin anak di Posyandu. Sedangkan bagi pelayan kesehatan diharap mencatat nomor batch di botol sebelum memberikan vaksin.

Kenapa harus nomot batch? Agar vaksin dapat dilacak. Di nomor batch tertera angka-angka yang merupakan kode produksi, waktu produksi, hingga harga eceran tertinggi. Jika orang tua ragu, bisa telepon pabrik pembuat vaksin.

Berikan kodenya sehingga pihak pabrik dapat melacak jalur distribusi. Kode ini sangat berfungsi karena inilah yang tidak bisa dipalsukan. Sehingga jika terjadi kasus vaksin palsu, kode ini dapat dilacak oleh pihak yang berwenang.

Jadi, orang tua tetap harus waspada terhadap vaksin palsu ya! Tak masalah jika harga mahal, asal vaksin yang diberikan asli.
Tips Mudah Terhindar dari Vaksin Palsu! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top