Minggu, 17 Juli 2016

Ngeri! Agar Makanan Aman, Orang-orang ini Rela Makan Racun!

Semau makhluk hidup membutuhkan makanan, termasuk juga manusia. Makan diperlukan agar tubuh tetap mendapat asupan gizi, sehingga kesehatan terjaga dan memiliki energi untuk beraktivitas. Makanan yang baik adalah makanan yang bergizi dan layak untuk dimakan. Jika bergizi tapi sudah basi, sama saja tidak baik.

Makanan dapat dengan mudah kita cari di alam, tapi sekarang orang-orang memilih makan dengan praktis misalnya makanan kaleng. Makanan kaleng juga sudah sangat banyak di toko dan supermarket. Tapi, ada kisah mengerikan pada zaman dahulu mengenai makanan loh!
Harvey Washington Wiley / Gambar via people.howstuffworks.com
Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan kaleng. Makanan kaleng ternyata sudah ada sejak zaman dahulu. Selain untuk membungkus makanan, kaleng juga digunakan untuk pembuka botol dan tempat lainnya.

Sayangnya, pada masa ini makanan masih kurang aman untuk dikonsumsi. Teknologi belum maju untuk mengecek keamanan makanan. Bahkan, industri makanan masih menggunakan bahan makanan busuk hingga bahan tak wajar seperti asam borat, sehingga banyak yang keracunan hingga meninggal.

Karena fenomena ini, seorang guru dan ahli kimia dari Indiana, Amerika Serikat, Harvey Washington Wiley, memutuskan untuk masuk ke departemen pertanian divisi kimia di tahun 1882 dengan tujuan membuat makanan menjadi aman dikonsumsi.

Untuk menguji makanan, tidak ada alat atau mesin apapun, jadi Wiley menggunakan manusia untuk mencobanya. Kemudian di tahun 1902, ia mengumpulkan para lulusan yang belum mendapat pekerjaan dan yang sedang membutuhkan uang, untuk bergabung ke dalam "The Poison Squad".

The Poison Squad merupakan tim yang bertugas untuk menguji kandungan yang ada di dalam makanan. Secara singkat, mereka seperti penguji makanan apakah makanan itu beracun atau tidak.

Setiap malamnya, The Poison Squad mengkonsumsi satu tablet asam borat dan pengawet. Dampaknya, mereka sakit bahkan ada yang hampir meninggal karenanya. Di sisi lain, mereka seperti selebritis yang banyak penggemarnya.

Banyak orang yang akhirnya ingin menjadi bagian dari The Poison Squad. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan makanan yang baik dan buruk bagi kesehatan. Karena itulah, lahir Badan Pengawasan Makanan dan Obat-obatan.

Karena kepedulian Wiley, banyak orang yang sadar akan pentingnya makanan sehat. Masyarakat pun lebih waspada akan makanan dan tak asal mengkonsumsi makanan. Sehingga taraf kesehatan masyarakat dapat meningkat.
Ngeri! Agar Makanan Aman, Orang-orang ini Rela Makan Racun! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top