Selasa, 26 Juli 2016

Ngeri! 3.000 Gerilyawan Kongo Dikalahkan oleh 30 Tentara Hantu Indonesia!

Indonesia memiliki pasukan yang hebat, adalah Pasukan Garuda. Tak hanya hebat di dalam negeri, tapi juga hebat di luar negeri dan kerap kali mengharumkan nama Bangsa Indonesia.

Pasukan Garuda selain hebat di bidang militer, juga terkenal karena misi perdamaiannya. Kontingen Garuda I ini bertugas di Mesir sejak tahun 1957 dan sejak saat itulah berada di bawah PBB.
Kontingen Garuda / Gambar via pncp.net
Dalam kiprahnya di dunia militer, Pasukan Garuda memiliki cerita menarik, yaitu keberhasilannya melawan 3.000 gerilyawan Kongo meskipun dari Pasukan Garuda hanya berjumlah 30 orang. Keberhasilannya menggunakan akal yang cerdik dan kreatif.

Desember 1962, Kontingen Garuda III (Konga III) dipimpin oleh Kolonel Kemal Idris dan berangkat dalam misi perdamaian di bawah UNOC (United Nations Operation in the Congo).

Kala itu, terjadi serangan yang dilakukan oleh 2.000 gerilyawan Kongo ke markas Pasukan Garuda. Saat itu, markas Pasukan Garuda hanya dipertahankan oleh 300 tentara. Setelah baku tembak selama berjam-jam, Kongo berhasil ditaklukkan dan hebatnya tak ada korban dari pihak Indonesia.

Kemal tahu bahwa 3.000 pemberontak itu sangat percaya tahayul. Mereka takut pada hantu spiritesses yang digambarkan berwarna putih dan melayang-layang di malam hari. Oleh karena itu, siasat Kemal Idris adalah membuat 30 anggota Pasukan Garuda berpakaian putih dan menyerang para pemberontak.

Benar saja, pemberontak Kongo sangat ketakutan. Banyak pemberontak yang berhasil ditangkap dan disita senjatanya oleh Pasukan Garuda. Hebatnya lagi, tak ada Pasukan Garuda yang menjadi korban dari kejadian tersebut, hanya saja seorang prajurit TNI cidera akibat peristiwa tersebut.

Letnal Jenderal Kadebe Ngeso dari Ethiopia mengaku bangga karena Pasukan Garuda dapat mengalahkan ribuan gerilya Kongo tersebut. Tapi Ngeso berharap bahwa cara seperti itu tidak dilakukan karena amat berbahaya dan berisiko besar.

Setelah peristiwa itu, Pasukan Garuda dikenal sebagai Les Spiritesses. Wah hebat ya readers!
Ngeri! 3.000 Gerilyawan Kongo Dikalahkan oleh 30 Tentara Hantu Indonesia! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top