Jumat, 08 Juli 2016

Inilah Kereta Komuter yang ada di Indonesia

Kereta komuter adalah sistem transportasi berbasis kereta api yang menghubungkan daerah bisnis pusat di perkotaan dengan kawasan-kawasan pinggiran kota. Kereta komuter ini diselenggarakan untuk melayani para komuter atau penglaju.

Layanan komuter di Indonesia ini dapat ditemukan di seluruh provinsi di Pulau Jawa. Tujuan utama diadakannya kereta komuter adalah untuk mengatasi kemacetan. Ternyata, di Indonesia sendiri memiliki banyak macam kereta komuter loh!

Berbicara tentang komuter, tak bisa lepas dari yang namanya Daop dan Divre. Daop merupakan daerah operasi, pembagiannya berdasarkan patokan kota terdekat dan saat ini hanya ada di Pulau Jawa. Sedangkan Divre adalah divisi regional, biasanya meliputi satu provinsi dan dibentuk saat zaman pasca Belanda. Saat ini hanya ada di Sumatera.

Inilah kereta komuter yang ada di Indonesia :
  1. Daop I Jakarta

    Komuter yang ada di Jakarta ini biasa disebut dengan KRL Commuter Line. Ada di wilayah Jabodetabek, tapi belum semua wilayah Jabodetabek dapat dijangkau karena jauh dari stasiun. KRL Commuter Line merupakan kereta dengan tenaga listrik yang dialirkan dari pantograf.

    Disebut KRL Commuter Line karena terjauh ke Maja (kurang lebih 55 km dari Tanah Abang). Ada kereta lokal yang dapat digolongkan sebagai komuter, yaitu yang jaraknya kurang dari 75 km. Saat ini, yang sudah ada infrastruktur KRL Commuter Line ini yaitu di Rangkasbitung dan Cikarang.
    Komuter line Jakarta / Gambar via penting.id
    Rute KRL Jakarta Kota - Bogor, Bogor-Manggarai-Duri-Jatinegara, Manggarai-Duri feeder, Tanah Abang-Serpong-Parung Panjang-Maja, Manggarai-Jatinegara-Cakung-Bekasi. KA Lokalan: Kemayoran-Cikampek, Kemayoran-Cikampek-Purwakarta, Angke-Duri-Rangkasbitung

    Tarif untuk KRL Rp 2.000 pada 25 km awal, 10 km berikutnya dikenakan tambahan Rp 1.000, dan mulai Oktober 2016 nanti tarif tiket akan naik. Sedangkan untuk KA lokal, harga Rp 5.000 atau Rp 7.500 untuk semua lokalan.
  2. Daop II Bandung

    Tak banyak yang tahu komuter Bandung kecuali warga Bandung sendiri. Nama keretanya adalah KRD Bandung Raya atau biasa disingkat dengan KRD Baraya.
    KRD Baraya / Gambar via id.wikipedia.org
    Rutenya yaitu: Padalarang-Bandung-Kiaracondong-Cicalengka-Nagreg-Cibatu Garut. Untuk kereta lokalan Cibatu rutenya Purwakarta-Cibatu. Tarifnya flat yaitu Rp 1.500, dan untuk lokalan Cibatu Rp 5.000.
  3. Daop VI Jogja dan Daop V Purwokerto

    Kereta apiPrameks / Gambar via remcakram.com
    Ini adalah daerah yang dijadikan KRL kedua setelah Jakarta dan yang paling maju selain Jabodetabek. Sayangnya, tarif keretanya tidak flat, melainkan berbeda-beda dan yang paling mahal Rp 20.000. Rute kereta ini yaitu Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan.
  4. Daop IV Semarang

    Tadinya di Semarang tidak memiliki komuter, tapi karena kemacetan yang tinggi, jadi di tahun 2014 dihadirkan komuter di Semarang. Rute kereta api Kamandaka yaitu Weleri-Semarang Poncol, ini merupakan kereta dari Purwokerto via Prupuk-Tegal, namun untuk perjalanan Weleri-Semarang dihitung komuter karena masih daerah metropolitan Semarang.
    Daop IV Semarang / Gambar via krde.web.id
    Kedung Sepur rutenya Semarang Poncol-Ngrombo (Grobogan), yang tadinya Semarang-Solo. Tarif untuk Semarang-Solo aalah Rp 10.000.
  5. Daop VIII Surabaya

    Sama seperti di Jabodetabek, layanan komuter yang ada di Surabaya juga sudah ada sejak zaman Belanda. Sayangnya, dulu sempat tidak laku karena sepi. Sekarang karena Surabaya semakin macet, maka ditambah lagi jalur untuk komuter.
    Kereta api tujuan Malang / Gambar via kereta-api.co.id
    Rute: Surabaya-Sidoarjo (SuSi), Surabaya-Mojokerto (SuMo), "feeder" Sidoarjo-Tarik, Surabaya-Lamongan (SuLam), Bojonegoro-Surabaya. Meski overlap dari jarak 75 km, tapi karena banyak yang ngelaju dari Surabaya ke Malang, maka diadakan rute Malang Penataran. Tarifnya flat yaitu Rp 4.000. Tapi sekarang untuk SuSi, tarifnya jadi Rp 5.000.
  6. Daop IX

    Kereta api Pandanwangi / Gambar via Flickr Raditiya Putera
    Daop IX adalah milik Pandanwangi bre Jember-Banyuwangi. Dulu, ada Probowangi sebelum trayeknya diperpanjang sampai Surabaya.
  7. Divre I Sumut Aceh

    Kereta api Sri Lelawangsa / Gambar via Flickr maulana_BB204
    Nama keretanya adalah Sri Lelawangsa. Rute kereta ini adalah Binjai-Medan-Tebing Tinggi. Hampir seluruh jalur aktif, tapi semua kereta Sumut berakhir di Rantauprapat.
  8. Divre II Sumbar

    KA Sibinuang / Gambar via skyscrapercity.com
    Nama keretanya adalah Sibinuang. Fasilitas kereta sama seperti kereta ekonomi di Jawa dan melayani rute sekitar 60 km. Rute hanya Padang-Pariaman. Tarifnya Rp 4.000.
  9. Divre III Sumsel

    Kertalaya Railbus / Gambar via id.wikipedia.org
    Layanan yang tersedia hanya Kertalaya Railbus. Kereta ini hanya memiliki dua gerbong, dan sebenarnya ini adalah kereta mahasiswa Unsri.
Jadi makin nambah pengetahuan tentang kereta api di Indonesia kan readers?
Inilah Kereta Komuter yang ada di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top