Minggu, 17 Juli 2016

Inilah Cara Mengatasi Cedera Mata dengan Jenis Cedera Berbeda-beda

Cedera terjadi ketika salah dalam melakukan gerakan atau ada suatu hal yang menyebabkan kita terjatuh. Tak hanya pada tubuh seperti tangan dan kaki, cedera juga terjadi pada mata. Cedera mata bisa disebabkan oleh masuknya partikel asing, adanya benturan, atau karena materi kimia.

Cedera mata harus ditangani dengan serius dan hati-hati, karena jika tidak akan mengakibatkan kebutaan. Ini dikarenakan mata sangat sensitif dan tidak semua penanganan cocok untuk segala cedera mata. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara menangani cedera mata berdasarkan penyebabnya.

Inilah cara mengatasi cedera mata dengan jenis cedera berbeda-beda :
  1. Cedera karena Bahan Kimia

    Ketika terjadi cedera mata yang disebabkan oleh bahan kimia, jangan menutup mata dengan apapun. Hal ini dapat menyebabkan bahan kimia tersebut terjebak di dalamnya.
    Cedera karena bahan kimia / Gambar via YouTube Mental Health
    Yang harus dilakukan adalah mencuci mata dengan air secara terus menerus selama 15 sampai 30 menit. Kemudian, hubungi tenaga medis dan jangan sampai menggosok mata ataupun membalut mata.
  2. Cedera karena Benturan pada Mata

    Cedera karena benturan bisa terjadi ketika tak sengaja mata kita membentur benda asing, misalnya bola, pintu, atau hal lainnya. Jika hal ini terjadi dan menyebabkan mata memar, kompres mata dengan air dingin. Jangan langsung dengan es.
    Cedera karena benturan / Gambar via ebaumsworld.com
    Kemudian di hari berikutnya, kompres dengan air hangat untuk menenangkan memar. Jika cedera ini menyebabkan kamu sulit membuka mata, penglihatan menjadi kabur, dan mata semakin sakit, segera konsultasikan ke dokter.
  3. Cedera karena Partikel Asing

    Seringkali kita mendapati mata kita kemasukan partikel asing, misalnya debu, pecahan logam atau kaca, atau benda asing lainnya. Memang ini membuat mata semakin perih, tapi jangan sampai kamu tergoda untuk menggosok mata, karena dapat menyebabkan partikel tersebut menyebar ke mata.
    Jangan lakukan ini / Gambar via dailycaller.com
    Yang harus kamu lakukan adalah memeriksa partikel apa yang masuk ke mata. Kemudian, tarik tutup atas ke bawah dan berkedip berulang kali untuk menghapus partikel. Cuci mata dengan air dingin. Ingat, jangan gunakan pinset, kuku, atau jari untuk mengambil partikel tersebut.

    Jika hal ini tak membantu, balut mata ringan dan jika masuk ke kornea jangan coba menghilangkannya dan segera konsultasikan pada dokter.
Mata itu sangat sensitif, jadi penanganan yang dilakukan juga harus hati-hati dan sesuai dengan jenisnya.
Inilah Cara Mengatasi Cedera Mata dengan Jenis Cedera Berbeda-beda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top