Senin, 11 Juli 2016

Inilah Alasan Mengapa Wajah Orang ada yang Berbintik

Pernah melihat orang dengan wajah berbintik? Mungkin sesekali kamu pernah melihatnya. Ketika melihatnya, apakah kamu berpikir orang tersebut mendapatkannya ketika ia lahir?

Bintik pada wajah memang hal yang wajar, tapi tidak semua orang mengalaminya. Sama seperti jerawat, bintik pada wajah ada dengan sendirinya. Mungkin kamu masih penasaran, mengapa ada orang yang memiliki bintik di wajahnya.

Inilah alasan mengapa wajah orang ada yang berbintik :
  1. Disebabkan Melanin

    Melanin adalah protein pigmen yang mempengaruhi warna mata, kulit, dan rambut. Bintik di wajah mengandung tingkat melanin yang tinggi. Melanin yang diproduksi sel kulit melanosit berperan sebagai tabir surya alami.
    Tak semua yang berambut merah memiliki bintik / Gambar via waytoenliven.com
    Melanin ini akan menggelapkan berbagai daerah kulit sehingga daerah tersebut lebih terlindung dari matahari. Orang yang memiliki bintik di wajah diakibatkan melanin yang tersebar pada area sempit, tapi ketika tidak terpapar sinar matahari, bintik tersebut akan memudar.
  2. Tidak Semua Orang Berambut Merah Memiliki Bintik pada Wajah dan Sebaliknya

    Memang rambut merah dan wajah berbintik dipengaruhi oleh gen MC1R. Gen MC1R merupakan gen yang mengatur warna kulit dan rambut. Gen tersebut mengendalikan seberapa banyak melanin yang kamu produksi dalam dua bentuk yang berbeda, yaitu eumelanin cokelat tua dan feomelanin kuning kemerahan.
    Tak semua orang berbintik berambut merah / Gambar via healthcentral.com
    Namun, hal ini tidak selalu muncul bersamaan. Belum tentu orang yang memiliki rambut merah itu memiliki bintik, karena rambut merah merupakan ciri resesif sedangkan bintik merupakan ciri dominan.
  3. Tak ada yang Terlahir dengan Bintik di Wajah

    Tak ada yang terlahir dengan bintik di wajah / Gambar via creativemisha.com
    Nah! Pertanyaan kamu kini terjawab, bahwa orang tidak terlahir dengan bintik di wajah. Bintik di wajah muncul ketika seseorang terpapar sinar matahari.
  4. Mitos tentang Wajah Berbintik itu Salah

    Mitos / Gambar via clipartlord.com
    Mitos mengenai wajah berbintik adalah bahwa wajah berbintik muncul karena adanya ciuman malaikat, dan itu salah total.
  5. Faktor Genetis

    Meski orang tak terlahir memiliki bintik, tapi untuk kamu yang memiliki gen MC1R aktif, tubuh akan memproduksi eumelanin dan kamu akan memiliki kulit dan rambut yang lebih gelap. Hal ini akan secara alami melindungimu dari paparan sinar matahari.
    Bintik disebabkan melanin / Gambar via mentalfloss.com
    Sebaliknya, jika tubuhmu lebih banyak memproduksi feomelanin, maka kulit dan rambutmu akan lebih terang dan otomatis bintik yang dihasilkan oleh kulit juga lebih banyak.
Itulah alasan mengapa orang memiliki wajah yang berbintik. Apakah itu juga ada di wajahmu?
Inilah Alasan Mengapa Wajah Orang ada yang Berbintik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top