Senin, 18 Juli 2016

Gunakan Kata 'Jangan' pada Anak hanya di Waktu ini saja!

Dunia parenting memang susah-susah gampang. Tak ada patokan paten mengenai cara menangani anak. Setiap orang tua berbeda dalam cara mengasuh anak. Ketika menjadi orang tua, tentunya Anda ingin yang terbaik untuk anak, semua sumber yang terbaik menurut Anda, Anda pegang.

Ketika mempelajari cara mendidik anak, Anda pasti menemukan materi mengenai tidak boleh mengatakan 'Jangan' kepada anak. Ditakutkan anak menjadi ciut nyalinya. Rasa ingin tahu anak sangat besar sehingga kata 'jangan' akan menghambat rasa keingintahuannya. Tapi, tak selamanya kata 'jangan' dilarang.
Jangan pernah membentak apalagi melukai fisik anak / Gambar via wsj.com
Inilah waktu yang tepat menggunakan kata 'jangan' pada anak :
  1. Lakukan dengan Tindakan, bukan hanya Kata

    Ketika melarang anak, lakukan juga dengan tindakan daripada hanya sekedar kata. Karena, anak adalah peniru yang baik dan jeli. Mereka akan menirukan apa yang orang terdekatnya lakukan, terlebih orang tua. Jika orang tua mencontohkan perbuatan baik, maka anak akan mencontohnya begitu pula sebaliknya.
  2. Penyampaian Menggunakan Hati

    Ketika menyampaikan larangan, jangan disertai dengan emosi apalagi bentakan. Menggunakan kata 'jangan' dengan emosi disertai dalih bahwa orang tua sayang pada anak itu tidak baik. Sebaiknya, sampaiakan dengan kasih sayang. Karena ini akan membuat anak sadar dan tidak melakukan hal buruk atas dasar kesadaran, bukan karena rasa takut.
  3. Perdalam Ilmu Orang Tua dan tidak Malas Belajar

    Menjadi orang tua itu harus pintar. Oleh karena itu, terus tambah pengetahuan orang tua mengenai cara mendidik anak. Orang tua boleh saja melarang anak untuk tidak melakukan sesuatu, tapi harus disertai dengan alasan mengapa tidak boleh melakukannya. Setelah melarang anak, jelaskan pada anak mengapa mereka tidak boleh melakukan hal itu.
Jadi kuncinya, jangan membentak anak apalagi menyakiti fisik anak sambil mengatakan 'jangan'. Boleh melarang anak, tapi beri ia penjelasan yang baik mengapa hal itu dilarang.
Gunakan Kata 'Jangan' pada Anak hanya di Waktu ini saja! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top