Rabu, 20 Juli 2016

Apakah Taubat Kita Diterima? Inilah Tanda-tandanya!

Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa, bedanya ada mereka yang mau bersungguh-sungguh bertaubat dan tidak melakukan lagi dan ada yang masih melakukannya. Dan orang yang baik adalah mereka yang sadar dan mau bertaubat ketika melakukan dosa.

Mengenai parameter dosa, tidak ada manusia yang tahu seberapa banyak dosa yang mereka kumpulkan. Mereka juga tidak tahu apakah ketika mereka meminta ampunan kepada Allah Ta'ala, dosa mereka terampuni semuanya.
Tanda orang yang diterima taubatnya oleh Allah Ta'ala / Gambar via betterlivingthroughbeowulf.com
Yang perlu kita tahu adalah, bahwa Allah Ta'ala Maha Penerima Taubat. Allah Ta'ala memiliki sifat yang salah satunya adalah Maha Penerima Taubat. Jadi, bagi Allah Ta'ala, memberikan taubat bagi seorang hamba bukanlah hal yang sulit dilakukan.

Dalam surat Al Baqarah ayat 37, Allah Ta'ala berfirman, "Sesungguhnya Dia (Allah) Maha Penerima Taubat dan Maha Kasih."

Dalam hadits, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Sungguh Allah Ta'ala sangat bahagia atas permohonan taubat hamba-Nya, lebih berbahagia dari bahagianya salah seorang kamu yang kehilangan untanya lalu menemukannya kembali." (HR. Bukhari Muslim)

Sebenarnya, taubat seseorang diterima atau tidak itu tidak bisa kita ukur. Karena kita juga tidak tahu taubat itu dilakukan dengan sungguh-sungguh atau hanya berpura-pura. Namun, ada beberapa ciri yang bisa dilihat dari fisik orang yang benar-benar bertaubat.

Inilah tanda-tanda orang yang benar-benar bertaubat :

  1. Mengajak Orang untuk Menghindari Dosa tersebut

    Orang yang benar-benar bertaubat akan menyesal dan sedih ketika orang lain mengulangi lagi kesalahan yang sama seperti saat ia belum bertaubat. Mereka yang sudah bertaubat sebisa mungkin menghimbau agar orang lain tidak terperosok ke dalam lubang yang sama.
  2. Tidak Melakukan Dosa lagi

    Jika ada orang yang mengaku bertaubat tapi masih melakukan dosa, tentu ia hanya berpura-pura taubat. Bisa dipastikan bahwa taubatnya belum diterima. Tapi ketika orang tersebut sudah berhenti dari perbuatan dosa, insyaAllah taubat yang ia lakukan sudah diterima.
  3. Menyesal dan Trauma

    Orang yang pernah melakukan dosa bisa saja menjadi trauma akan dosa yang sudah ia lakukan. Ia takut mengingat-ingat apalagi mengulang perbuatannya lagi, takut akan siksa Allah Ta'ala bagi yang melakukan dosa.
  4. Siap Mati

    Bukan maksudnya mereka yang taubatnya diterima merasa sudah siap mati. Tapi, siap mati karena taubat ini ada dalam kisah pada masa Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.

    Alkisah, ada seorang wanita yang pernah melakukan zina hingga ia mengandung anak dari hasil zina tersebut. Ia mengaku bersalah dan menyesali perbuatannya. Kemudian wanita ini bertaubat sungguh-sungguh kepada Allah Ta'ala dan ia sangat yakin bahwa taubatnya diterima oleh Allah Ta'ala.

    Wanita ini kemudian mendatangi Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam untuk meminta dihakimi dengan hukuman rajam. Namun, beliau menolak hukuman tersebut dengan alasan tidak ingin membunuh bayi yang dikandungnya. Tapi, wanita ini amat memaksa, bahkan beliau sudah menolak dua kali untuk tidak memberi wanita ini hukuman.

    Akhirnya, beliau menyepakati akan menghukum wanita ini karena wanita ini begitu memaksa, setelah bayi yang dikandung dilahirkan dan ada pengasuh yang mau memelihara bayi tersebut. Dan akhirnya wanita ini dihukum rajam sesuai permintaannya.

    Wanita ini sangat berani menghadapi kematian karena ia sangat yakin bahwa Allah Ta'ala sudah mengampuni dosanya. Dan ia merasa bahwa ia sudah mengatongi tiket untuk masuk surga.

    Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memberikan kesaksisan bahwa wanita ini sudah diterima taubatnya oleh Allah Ta'ala. Beliau bersabda, "Wanita ini telah bertaubat yang jika taubat itu dibagi-bagi bagi tujuh puluh penduduk Madinah niscaya mencukupi mereka, dan apakah engkau dapati yang lebih baik daripada orang yang datang menyerahkan dirinya kepada Allah Ta'ala?." (HR. Muslim)
Wallahu a'lam bishawab.
Apakah Taubat Kita Diterima? Inilah Tanda-tandanya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top