Jumat, 15 Juli 2016

Apa yang Dimaksud Post Ramadan Blues? Kamu Perlu Tahu ini agar tak Terjebak!

Post-Ramadan blues merupakan sindrom pasca Ramadan. Dimana hal ini terjadi ketika kamu mau tak mau harus kembali ke kenyataan dan menjalani rutinitas biasa. Mungkin momen Ramadan masih tersisa dan membekas di memorimu, jadi kamu masih susah move on dari Ramadan.

Momen seperti buka bersama, susahnya bangun sahur, sampai menanti buka puasa yang membuatmu tak bisa melupakannya. Tapi, hal itu bisa diatasi agar kamu tidak berlarut-larut dalam post-Ramadan blues ini.

Inilah yang kamu perlu lakukan untuk mengatas post-Ramadan blues :
  1. Adakan Kumpul Bersama

    Adakan kumpul bersama / Gambar via gullkistan.is
    Meskipun lebaran sudah lewat seminggu lebih, kamu masih bisa mengadakan acara halal bihalal dan mengumpulkan teman-temanmu. Selain mengatasi post-Ramadan blues, hal ini juga bisa mengakrabkan kamu dan teman-teman. Jadi, tak hanya bekrumpul di saat puasa atau hari lebaran, setelah lebaran pun kamu tetap bisa berkumpul dengan mereka.
  2. Buat Rencana Baru

    Buat rencana baru / Gambar via angelsinthemarble.com
    Ketika Ramadan kamu mungkin menantikan datangnya lebaran, tapi saat lebaran sudah lewat, kamu merasa hampa karena tidak ada lagi hal yang dinantikan. Oleh karena itu, kamu harus buru-buru membuat rencana agar ada sesuatu yang dinanti dan dilakukan.
  3. Pertahankan Keinginan untuk Beribadah

    Pertahankan keinginan untuk beribadah / Gambar via muslimmarriageguide.com
    Biasanya, ketika Ramadan tiba keimanan seseorang langsung meningkat. Setiap hari ingin selalu beribadah, ingin sholat ke masjid, rajin sedekah, dan tak lupa mengaji setiap hari. Tapi setelah lebaran, biasanya semangat ini akan kendor. Oleh karena itu, kamu harus melakukan segala cara agar keinginan untuk beribadah ini tetap tinggi meski Ramadan dan lebaran sudah lewat.
  4. Bersyukur dan Memaafkan Diri Sendiri

    Maafkan diri sendiri / Gambar via greatergood.berkeley.edu
    Sebelum Ramadan kamu mungkin punya ekspektasi yang tinggi terhadap dirimu dan kamu mengharapkan bisa mendapatkan hal yang lebih. Tapi ternyata, setelah Ramadan kamu tidak mendapatkan apa yang kamu ekspektasikan. Untuk itu, maafkan diri sendiri dan bersyukurlah atas apa yang kamu dapatkan.
  5. Terus Lakukan Perbuatan Baik

    Terus lakukan perbuatan baik seperti Putri Sofia / Gambar via mommyjane.com
    Meskipun sudah lewat Ramadan, perbuatan baik jangan ditinggalkan. Perbuatan baik tak hanya seperti sedekah, atau hal lainnya, tapi perbuatan baik juga seperti misalnya kamu punya tugas yang harus segera diselesaikan. Dengan begitu, jangan kamu menunda-nunda, segera selesaikan sesuai dengan planning yang sudah ditetapkan.
Jadi, siap menghilangkan post-Ramadan blues?
Apa yang Dimaksud Post Ramadan Blues? Kamu Perlu Tahu ini agar tak Terjebak! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top