Kamis, 21 Juli 2016

Apa itu "Cloud Computing"? Yuk Kenali Istilahnya di sini!

Bagaimana cara kamu menyimpan data? Sebagian besar pasti menyimpannya di komputer dan mem-back up di flashdisk, hard disk eksternal, atau di dalam memori. Memang ini merupakan cara untuk menyimpan data, tapi cara itu rentan terhadap serangan virus.

Untuk kamu yang sering bergelut di dunia perkomputeran, pasti tak asing lagi dengan istilah cloud computing. Mungkin masih banyak dari kamu yang sering mendengar tapi tidak tahu apa arti cloud computing.
Cloud computing / Gambar via pcmag.com
 Cloud computing bukan berarti komputer di awan atau sebagainya, tapi ini hanya istilah, yang maksudnya adalah komputasi awan. Istilah ini merujuk pada penggabungan peran komputer dan internet sebagai media penyimpanan, pengolahan, dan pertukaran dokumen. Digunakan kata awan dikarenakan untuk menjelaskan bentuk teknologi internet yang seakan tidak teraga.

Layanan ini dapat didefinisikan sebagai layanan komputasi yang terintegrasi dengan fasilitas internet untuk memudahkan pengguna dalam mengakses, mengembangkan, dan memanfaatkan data yang tersimpan dalam komputer secara online.

Secara umum, model cloud computing ini terdiri dari tiga aspek, yang pertama adalah Infrastructure as service (IAS), merupakan layanan yang mengedepankan pengembangan infrastruktur, misalnya server.

Yang kedua adalah platform as service, yang mengedepankan pengembangan aplikasi dalam implementasi cloud computing. Dan yang ketiga adalah software as service, yang mengedepankan penggunaan layanan aplikasi berbasis online yang digunakan secara massal pada teknologi web 2.0.

Di dalam cloud computing, terdapat karakteristik-karakteristik yang melekat padanya, yaitu :

  1. Layanan yang terukur dengan indikator dan jenis layanan yang jelas. Hal ini meliputi kapasitas penyimpanan data, kecepatan akses yang ditawarkan, dan fitur yang ada pada sistem.
  2. Layanan berdasarkan permintaan, merujuk pada kemampuan penyedia teknologi sesuai dengan kebutuhan spesifik pengguna.
  3. Keteraksesan secara luas, hal ini dapat terjadi karena adanya internet. Karena data yang tersimpan dilakukan secara online.
  4. Pengembangan secara cepat, dimana penyedia layanan harus siap melayani permintaan kebutuhan pelanggan, misalnya saja menambah kapasitas penyimpanan.
  5. Berfungsi sebagai pusat sumber daya data, yang menunjukkan fungsi sistem guna memfasilitasi pengumpulan data dalam sistem yang terintegrasi.
Sekarang, jadi lebih mengerti makna dari cloud computing kan?
Apa itu "Cloud Computing"? Yuk Kenali Istilahnya di sini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top