Selasa, 28 Juni 2016

Wow! Inilah Hal Unik yang hanya ada di Jepang!

Kedekatan Indonesia dengan Jepang sudah berjalan sejak zaman dahulu, dimana Jepang datang menjajah Indonesia. Setelah Indonesia merdeka, hubungan Indonesia dengan Jepang masih dekat. Bukan karena perang, melainkan karena kerjasama di bidang ekonomi, budaya, dan bidang lainnya.

Jepang pun terkenal akan kemajuan teknologinya. Di Jepang sudah banyak robot-robot diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia sehari-hari. Selain itu, ada hal-hal menarik di Jepang yang tidak kita temui di negara lain. Apa saja itu?

Inilah hal unik yang hanya ada di Jepang :
  1. Dilarang Menelpon di Transportasi Umum

    Dilarang menelpon di transportasi umum agar tidak mengganggu penumpang yang tidur dan membaca / Gambar via straitstimes.com
    Di Indonesia sangat sering ditemui orang sedang berbicara melalui telepon di transportasi umum. Tapi di Jepang, kamu tidak boleh menelpon di transportasi umum. Bahkan di banyak MRT ada tanda dilarang menelpon. Hal ini agar tidak mengganggu penumpang lain yang tidur dan membaca.
  2. Berdiri di Satu Sisi Eskalator

    Meski terdengar sepele, namun eskalator menjadi hal yang serius ketika di Jepang. Di sini kamu tidak boleh menggunakan eskalator dengan memenuhinya, misalnya berdiri berjajar dengan temanmu hingga tak ada jalan di semping, atau berdiri di tengah-tengah hingga menghalangi jalan. Tapi kamu harus berdiri di satu sisi eskalator.
    Berdiri di satu sisi eskalator / Gambar via rebrn.com
    Jika di sebagian besar kota di Jepang berdiri di sisi kiri eskalator, tapi di Osaka mereka berdiri di sisi kanan. Harus berdiri satu sisi karena untuk mempersilakan orang lain yang ingin berjalan lebih cepat.
  3. Pelayanan Umum yang Luar Biasa

    Pelayanan umum yang sangat baik / Gambar via okinawa.stripes.com
    Pelayanan umum di Jepang dikatakan terbaik di Asia. Betapa tidak, mulai dari kasir di supermarket, resepsionis hotel, pusat informasi, dan pelayanan umum lainnya, mereka akan melayani pelanggan hingga masalahnya terselesaikan dengan baik. Kepuasan pelanggan sangat mereka utamakan.
  4. Jarang ada Tempat Sampah

    Mungkin kita berfikir bahwa banyak tempat sampah akan membuat lingkungan jadi lebih bersih. Tapi hal ini tak berlaku di Jepang. Bersihnya negara Jepang bukan karena banyaknya tempat sampah yang diletakkan di tempat umum.
    Jarang ada tempat sampah di Jepang / Gambar via tofugu.com
    Malah di Jepang jarang ada tempat sampah seperti di Indonesia yang setiap 50 meter ada tempat sampah. Orang Jepang menganggap bahwa dengan banyaknya tempat sampah akan membuat lingkungan menjadi bau dan sisa-sisa sampah keluar dari tempatnya. Itu menjadikan lingkungan kotor.
  5. Kloset di Toilet Bersuara

    Toilet di Jepang / Gambar via phys.org
    Orang Jepang sangat menghargai privasi. Ini terbukti dari toilet di Jepang yang dapat meredam suara di dalam toilet. Jadi, ketika kamu di toilet Jepang, orang lain tidak akan bisa mendengar suara aktivitas di toilet, begitu juga sebaliknya. Dan kamu bisa memilih suara apa yang akan kamu gunakan untuk meredam, bisa suara monyet di hutan, suara kodok, ataupun suara air terjun.
Wah unik ya readers? Jadi tertarik ke Jepang nih!
Wow! Inilah Hal Unik yang hanya ada di Jepang! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top