Jumat, 03 Juni 2016

Wow! Indahnya Masjid Unik Ala Rusia di Jogja!

Mayoritas penduduk beragama Islam membuat Indonesia memiliki banyak masjid. Bahkan, kita dapat menemukan masjid dengan mudah di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa yang banyak penduduknya beragama Islam.

Islam masuk ke Indonesia karena masuknya kebudayaan Timur Tengah pada zaman dahulu. Di Indonesia sendiri gaya masjid beraneka macam, ada yang bergaya Timur Tengah, gaya tradisional Indonesia dengan lantai kayu, bahkan ada juga yang bergaya Rusia, seperti masjid di Jogja ini.
Masjid Kremlin / Gambar via beautifulmosque.com
Gaya masjid ini seperti Katedral Santo Basil yang berada di sekitar benteng Kremlin di Moskow, Rusia. Oleh karena itu, masjid ini sering dikenal juga dengan Masjid Kremlin, meski nama aslinya adalah Masjid An Nurumi.

Gaya Rusia yang dimiliki masjid ini sangat khas, memiliki kubah menara warna-warni dengan dominasi warna kuning, biru, merah, dan hijau. Karena warnanya ini juga orang menyebutnya Masjid Permen.

Sangat unik memang, tak sedikit pula orang yang mengunjungi masjid ini karena keunikannya. Di dalam masjid yang didirikan tahun 2005 dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada 9 Agustus 2007 ini, di dalamnya terdapat tulisan ayat suci Al Qur'an dengan warna-warna yang terang. 

Tapi sayangnya, masjid yang terletak di dekat Candi Kalasan ini tidak terlalu besar, jadi hanya digunakan sebagai tempat singgah dan kegiatan takjilan ketika bulan Ramadhan. Jika ingin mampir ke masjid ini, silakan datang di Jalan Jogja-Solo Km 15, Candisari, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman.

Jadi, ketika melintasi jalan ini, jangan lupa mampir untuk beribadah di Masjid Kremlin ya.
Wow! Indahnya Masjid Unik Ala Rusia di Jogja! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top