Senin, 27 Juni 2016

Unik! Ternyata Serbuk Kayu Bermanfaat untuk Makanan loh!

Makanan biasanya dibuat dari tumbuhan atau hewan yang layak dikonsumsi. Misalnya salad dibuat dari buah dan sayur, begitu pula dengan daging yang dikonsumsi, misalnya daging ayam, sapi, ataupun kambing.

Seiring berjalannya waktu, makanan tidak hanya dibuat dari tumbuhan dan hewan layak makan saja. Bahkan ada yang menggunakan arang sebagai campuran makanan. Selain arang, ada juga yang menggunakan serbuk kayu sebagai bahan makanan loh!
Serbuk kayu / Gambar via redorbit.com
Mungkin bagi kita, serbuk kayu adalah benda yang tak layak makan. Hal itu dikarenakan serbuk kayu kotor dan kita menganggap tidak ada kandungan gizi di dalam serbuk kayu. Padahal sebenarnya, serbuk kayu memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik.

Manfaat serbuk kayu ini diungkapkan oleh peneliti di VTT Technical Research Center of Finlandia, yang menyatakan bahwa polimer atau komponen kayu yang diturunkan seperti xylan, fibrillated selulosa, dan lignin bisa memperbaiki tekstur makanan dan membantu menurunkan kolesterol.

Produk kayu xylan dapat membantu membuat yoghurt lebih halus. Sedangkan selulosa fibrillated berguna untuk bahan pengental produk susu fermentasi, misalnya yoghurt dan es krim. Selulosa fibrillated juga berpotensi membantu menurunkan kolesterol jika digunakan dalam makanan. Dan Lignin, dapat menjadi emulsier yang efektif dalam mayones dan membuat daging lebih empuk.

Meski begitu, masih perlu adanya penelitian lagi untuk benar-benar membuktikan bahwa serbuk kayu dapat dimanfaatkan dalam makanan.
Unik! Ternyata Serbuk Kayu Bermanfaat untuk Makanan loh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top