Minggu, 26 Juni 2016

Unik! Di Daerah ini, Pohon Bisa jadi Biaya Menikah!

Menikah adalah hal yang wajib dilakukan bagi tiap manusia. Di dalam agama Islam pun menikah juga sangat dianjurkan agar tidak ada fitnah diantara lelaki dan perempuan. Oleh karena itu, jika sudah waktunya dan usia sudah mencukupi, segeralah menikah.

Masalahnya, menikah itu memerlukan biaya yang tak sedikit. Inilah yang menjadi salah satu alasan orang untuk menunda pernikahan, yaitu mengumpulkan biaya. Tapi tenang, di kabupaten ini kamu bisa menikah dengan biaya pohon!
Ilustrasi / Gambar via focusmauinui.com
Menikah dengan biaya pohon ada di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dimana Pemkab Kuningan menerapkan program unik yang mengharuskan pasangan menyumbangkan lima bibit pohon untuk ditanam. Program unik ini dilakukan sebagai upaya konservasi lingkungan. Nama programnya adalah Pengantin Peduli Lingkungan (PPL). Hal ini sebenarnya merupakan sebuah program nikah gratis dengan kampanye peduli lingkungan.

Sang Wakil Bupati Kuningan, Acep Purnama, mengatakan bahwa program PPL itu dilakukan setelah pasangan melaksanakan akad nikah dan kemudian mereka diwajibkan menyerahkan lima bibit pohon kepada dinas terkait.

Sebelum Kabupaten Kuningan menerapkan program ini, Pemkab. Bangka di Provinsi Bangka Belitung juga sudah menerapkan upaya konservasi lingkungan dengan cara ini. Bedanya, di Bangka mewajibkan penanaman sepuluh pohon dan mengharuskan pasangan merawat pohon tersebut selama beberapa waktu.

Diharapkan, selain daerah menjadi lebih hijau dan lestari, pasangan yang menanam pohon juga memiliki hubungan yang rimbun, tidak gersang.
Unik! Di Daerah ini, Pohon Bisa jadi Biaya Menikah! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top